Penggunaan Navigasi Waze Melonjak di Musim Liburan

Aplikasi navigasi Waze. (Foto: istimewa)

youngster.id - Data dari  aplikasi navigasi berbasis komunitas Waze mengungkapkan selama akhir pekan Hari Raya, terjadi peningkatan penggunaan navigasi. Tercatat 16.8 juta kilometer telah ditempuh oleh pengguna Waze di seluruh Indonesia, dan ini merupakan kilometer tertinggi yang pernah tercatat oleh Waze.

“Kemacetan mencapai puncak tertinggi sepanjang sejarah pada akhir pekan pertama bulan Juni, yaitu 149% peningkatan kilometer berkendara dibandingkan rata-rata nasional,” kata Marlin R. Siahaan, Waze Indonesia Country Manager dalam keterangannya, Kamis (25/7/2019) di Jakarta.

Menurut dia, ini merupakan jumlah tertinggi kilometer berkendara. Setara dengan 22 kali jarak yang dibutuhkan untuk pergi ke bulan dan kembali lagi ke bumi. “Kami prediksi pengendara akan mengalami kondisi serupa saat libur nasional berikutnya, yaitu pada saat long weekend, ataupun saat musim liburan akhir tahun,” ujar Marlin lagi.

Selain itu, data yang diperoleh Waze menunjukkan, navigasi ke berbagai lokasi seperti pom bensin, restoran, dan toko ritel juga meningkat tajam selama liburan. Misalnya, sejak 6 Juni hingga 9 Juni, navigasi ke restoran meningkat 114% dan navigasi ke toko ritel mencapai puncaknya hingga 60% kenaikan dibandingkan rata-rata setiap bulannya. Orang memilih untuk pergi ke mall atau restoran karena lokasi-lokasi ini dianggap opsi terbaik untuk menghabiskan liburan, baik untuk makan, belanja, atau sekedar nongkrong.

STEVY WIDIA

Exit mobile version