Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pentingnya Kecerdasan Bermedia Sosial untuk Menuju Masyarakat Cakap Digital

2 Juni 2023
in News
Reading Time: 1 min read
media sosial

Pentingnya Kecerdasan Bermedia Sosial untuk Menuju Masyarakat Cakap Digital (Foto : Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Data We Are Social mencatat pengguna aktif media sosial di Tanah Air mencapai 167 juta orang pada Januari 2023. Jumlah tersebut setara dengan 60,4% dari populasi Indonesia.

Adapun rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk berselancar di media sosial mencapai 3 jam 18 menit setiap harinya. Tiga media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia per Januari 2023 adalah Whatsapp (92,1%), Instagram (86,5%) dan Facebook (83,8%).

Penggiat Industri Kreatif dan Digital Enthusiast Ivan Raymond Rondo mengatakan, pengaruh media sosial secara global terus mengalami pertumbuhan. Oleh sebab itu, kecerdasan bermedia sosial sangat dibutuhkan supaya tidak menjadi bagian dari penyebaran hoax.

“Pastikan informasi yang kita unggah di media sosial berdampak baik. Selalu periksa kebenarannya dan jangan terburu-buru hanya supaya menjadi yang pertama memposting,” ujar Ivan, dalam acara Pekan Literasi Digital di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dikutip Sabtu (2/6/2023).

Baca juga :   Admin Grup-Chat Dihimbau ke Aplikasi Lokal

Penjelasan Ivan selaras dengan hasil survei Reuters Insititute bekerja sama dengan Universitas Oxford mengenai pola konsumsi berita dan pasar digital secara global dalam Digital News Report 2022. Survei tersebut menyebutkan 68% masyarakat Indonesia mengonsumsi berita melalui media sosial, mengalahkan televisi 57% dan media cetak 17%.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT Yandri Lasi mengatakanbahwa perkembangan teknologi informasi yang melaju pesat harus diimbangi oleh perkembangan sumber daya manusia yang mumpuni. Oleh sebab itu, lanjut Yandri, dibutuhkan literasi sebagai langkah akselerasi untuk mewujudkan masyarakat yang cakap digital, termasuk di dalamnya beretika ketika bermedia sosial.

“Dengan kecakapan bermedia sosial masyarakat jadi memiliki kemampuan menyaring dan memverifikasi informasi yang didapatkan. Optimalisasi media sosial bermanfaat untuk diri, lingkungan sekitar maupun pembangunan NTT dan Indonesia,” kata Yandri.

Baca juga :   Google Jaring Startup Dengan Aplikasi Yang Fokus Pada Ekonomi Sirkular

 

HENNI S.

Tags: Kecerdasan Bermedia SosialMasyarakat Cakap DigitalPekan Literasi Digital
Previous Post

Manfaatkan Kecerdasan Buatan Startup Looyal Targetkan Raih Transaksi Rp1,5 Triliun

Next Post

Telkomsel dan Quipper Dukung Kesiapan Potensi Akademik Talenta Muda Indonesia

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Telkomsel Ilmupedia Tryout Akbar 2023

Telkomsel dan Quipper Dukung Kesiapan Potensi Akademik Talenta Muda Indonesia

Whatsapp pusat keamanan

8 fitur Untuk Tingkatkan Keamanan Pengguna WhatsApp

ALTO

Alto Gandeng WhatsApp Commerce Untuk Dukung Pertumbuhan Bisnis UMKM

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version