Perbaikan Mutu Untuk Menangkan Persaingan Bisnis di 2017

Forum Peningkatan Mutu 2016. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Memasuki tahun 2017, perusahaan harus siap menghadapi persaingan yang ketat. Memperbaiki mutu produk sampai dengan memaksimalkan potensi bisnis menjadi salah satu strategi yang digencarkan beberapa perusahaan di 2017.

“Jadi aspek mutu merupakan sebuah urgensi untuk hadapi persaingan di 2017,” tutur CEO & Presiden Direktur dari House of Quality Indonesia Widayanti Achmad dalam siaran persnya, Jumat (30/12/2016).

Selain itu, faktor sumber daya manusia (SDM) atau pelaku organisasi dari mulai top manajemen ke bawah juga sudah saatnya untuk memiliki karakter yang inovatif dan senantiasa in-line dengan perkembangan zaman.

Menurut dia, perubahan karakter serta mindset organisasi/perusahaan penting untuk dilakukan supaya tidak terjebak dalam kondisi business as usual yang tanpa sadar dapat menenggelamkan eksistensi produk maupun layanannya. Hal tersebut yang kemudian menjadi alasan diangkatnya tema selain untuk hadapi persaingan di 2017 juga bagaimana untuk memaksimalkan potensi di tahun optimistis 2017.

Oleh karena itu, pihaknya menggelar Forum Peningkatan Mutu 2016 (3rd Qualitiers Club Meeting Special Edition) yang telah dihadiri 300 pemerhati mutu yang meliputi CEO/Business Owner, Perwakilan Perusahaan, Instansi Pemerintah, Layanan Publik, Rumah Sakit, dan Akademisi.

“Ini merupakan ajang benchmarking mutu dan sharing pengalaman serta pengetahuan dalam menjalankan bisnis berbasis kinerja bermutu dengan tema meningkatkan keunggulan dan daya saing serta memaksimalkan potensi di era MEA dan era optimistis 2017,” jelasnya.

Tak hanya itu, tambah dia, hal tersebut juga karena dinamisnya perkembangan sebuah organisasi, baik karena perubahan regulasi maupun perkembangan zaman yang harus diikuti.

“Di lain pihak dalam keberadaannya, organisasi harus mampu menuju world class company, yaitu mampu bertumbuh, berkembang dan bertahan secara jangka panjang. Satu-satunya cara yang harus dikembangkan setiap organisasi tersebut, tidak ada cara lain kecuali dengan cara mengedepankan kinerja bermutu,” papar Widayanti.

Menurutnya, hanya organisasi yang mengedepankan mutu-lah yang akan mampu bertahan hidup, berkembang bahkan bertumbuh di era globalisasi saat ini dan ke depan.

Sekadar informasi, Forum Peningkatan Mutu 2016 atau 3rd Qualitiers Club Meeting Special Edition ini bertujuan menjadikan Qualitiers Club forum komunikasi, informasi, dan edukasi bagi pengusaha, perusahaan, instansi yang memiliki wawasan pentingnya pendekatan mutu (quality approach) pada implementasi pekerjaan sehari hari dan mendorong pelaku bisnis, instansi pemerintahan maupun swasta untuk senantiasa berkomitmen selalu meningkatkan mutu produk, layanan, SDM maupun bisnisnya sendiri (Quality Continual Improvement).

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version