Perguruan Tinggi Perlu Perkuat Industri Kecil

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Kalangan akademisi di perguruan tinggi perlu memperkuat kemampuan manajemen dan produksi Industri Kecil Menengah (IKM) agar potensial meningkatkan daya saing industri.“Perguruan tinggi termasuk kalangan alumni selalu mengikuti perkembangan dinamis ekonomi,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menghadiri seminar alumni Fakultas Ekonomika dan dan Bisnis UGM dialnsir Antara, Selasa (16/2/2016) di Jakarta.

Menurut Saleh pihak Perguruan Tinggi kerap berinisiatif melakukan penelitian dan penerapan melalui pelatihan kepada pelaku IKM. Sehingga dapat turut memperkuat kapasitas produksi, manajemen dan perluasan pemasaran.

Kemampuan khas lainnya, tambah Saleh, ialah kemampuan perguruan tinggi melakukan pemetaan masalah dan potensi ekonomi di masyarakat.

Komunitas kampus, imbuhnya, juga menjadi mitra dialog bagi pemerintah dalam merumuskan strategi ekonomi dengan aktif memberi masukan dan mengawal kebijakan.

Saleh mengungkapkan tiga isu utama penguatan daya saing industri yaitu biaya energi yang terjangkau dan kompetitif; biaya logistik murah; dan bunga pinjaman bank yang rendah.

“Tiga isu ini selalu saya diskusikan dengan kalangan perguruan tinggi agar menjadi pengetahuan bersama. Hasilnya, rekan-rekan kampus turut bersuara dan menjadi ‘pressure group’ sehingga isu-isu penguatan daya saing tadi diakomodir,” ulasnya.

Seminar tersebut dibuka secara resmi Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dan dihadiri pula Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri serta Ketua Kafegama Sapto Amal Damandari yang juga merupakan Wakil Ketua BPK RI.

 

STEVY WIDIA