Perkuat Layanan Logistik, Elevenia Gandeng Go-Send

Layanan GoSend meningkat selama masa pandemi Covid-19. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Untuk memperkuat layanan logistic, Elevenia resmi menggandeng Gosend, sebagai mitra kurir. Dengan demikian maka layanan pengiriman hanya dalam satu hari (Same Day Delivery Service). Sebagai tahap awal, layanan ini bisa digunakan oleh pelanggan di wilayah Jabodetabek.

Juan Almer, GM Customer Service elevenia yang juga menangani partner logistik mengatakan, kerjasama ini demi memenuhi peningkatan permintaan pelanggan akan sistem pengiriman barang dalam waktu cepat.

“Layanan ini diselenggarakan karena semakin banyak permintaan dari buyer untuk bisa mendapatkan barang dalam waktu cepat. Seiring berkembangnya industri bisnis digital, kami melihat adanya perkembangan waktu pengiriman dimana saat ini durasi pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dulu,” ungkap Juan dalam siaran pers, Selasa (11/7/2017).

Menurut Juan, pengiriman memang menjadi faktor yang paling sulit dikontrol oleh pebisnis online karena ada keterlibatan pihak ketiga, yakni partner logistisik sebagai penyedia jasa. Di sisi lain, demografi, jarak, dan ukuran wilayah-wilayah tertentu di Indonesia menjadi tantangan tersendiri terutama dalam menjangkau daerah-daerah terpencil. Maka menjadi sangat penting bagi pebisnis online untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan logistik terpercaya.

Elevenia memutuskan bekerjasama dengan Gosend karena telah terbukti memiliki pengalaman yang terbaik dalam memberikan layanan Same Day Delivery Service. Go-Jek, sebagai penyelenggara layanan ini, telah memiliki teknologi yang terintegrasi dan bisa dikembangkan bersama dengan teknologi yang dimiliki oleh elevenia.

Saat ini, layanan Same Day Delivery Service ini bisa dipilih oleh customer khusus di wilayah jabodetabek dengan jarak antar sejauh 40 km. Hal ini karena sebanyak 53% member elevenia berasal dari wilayah ini. Sedangkan untuk jam operasional pelayanan pick-up produk dari driver Gojek ke mitra seller, dilakukan dari jam 08.00 – 15.30 WIB. Jika buyer melakukan melakukan pembayaran di luar jam operasional, maka pengiriman barang akan dilakukan keesokan harinya. Selain itu, jika dalam 1×24 jam buyer tidak melakukan pembayaran, maka pesanan akan dianggap batal.

Produk yang dapat dibawa dengan menggunakan layanan ini adalah produk dengan berat maksimal 7 kilogram dan dimensi panjang 40 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 17 cm. Biaya pengiriman yang dibebankan untuk layanan Same Day Delivery Service ini adalah sebesar Rp15.000,- dan dibayarkan bersamaan dengan pembelian produk, sehingga ketika buyer menerima produk, ia tidak perlu lagi melakukan pembayaran kepada driver Gosend.

Saat ini, elevenia membutuhkan waktu sekitar 2,96 hari untuk melakukan pengiriman barang. Jumlah rata-rata ini meningkat dibandingkan dengan durasi waktu pengiriman di tahun 2016, yang membutuhkan sekitar 3,22 hari.

Elevenia juga melakukan survey kepuasan pelanggan di akhir tahun 2016 lalu. Hasilnya, sebanyak 14% responden mengharapkan pengiriman cepat dan gratis ketika mereka berbelanja di online platform. “Buyer juga merasa senang ketika mereka senantiasa mendapatkan notifikasi status pemesanan dan status pengiriman barang mereka secara akurat baik itu melalui SMS atau email,” ungkap Juan.

Untuk itu dia menegaskan, elevenia terus berusaha meningkatkan kualitas pengiriman dan memenuhi ekspektasi pelanggan, salah satunya dengan memberikan layanan Same Day Delivery Service ini.

STEVY WIDIA

Exit mobile version