Perkuat Lini Augmented Reality Meta Akusisi Startup Belanda

Kacamata 3D

Kacamata 3D. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Meta mengakuisisi startup asal Belanda bernama Luxexcel, startup yang bergerak di bidang smart eyewear. Startup yang didirikan pada 2009 awalnya merupakan perusahaan yang memanfaatkan metode 3D printing untuk membuat lensa resep di kacamata.

Lalu baru-baru ini, perusahaan mulai fokus mengembangkan lensa pintar yang dapat dicetak dengan teknologi terintegrasi seperti layar LFC dan film holografik.

“Kami bersemangat tim Luxexcel telah bergabung dengan Meta, memperdalam kemitraan yang ada di antara dua perusahaan,” tutur juru bicara Meta mengenai akusisi ini yang dilansir TechCrunch.

Meski tidak diungkapkan secara detail kolaborasi yang akan dilakukan dua perusahaan, ada rumor yang menyebut Meta dan Luxexcel telah bekerja sama untuk mengerjakan Project Aria sebuah inisiatif riset untuk pengembangan perangkat augmented reality (AR).

Oleh sebab itu, sejumlah analis menyebut akusisi Luxexcel oleh Meta kemungkinkan dilakukan untuk meningkatkan teknologi perusahaan dalam membuat kacamata AR dengan dengan resep. Rencana ini sendiri sempat dikabarkan akan digarap oleh Reality Labs sebagai bagian Meta.

Meta sendiri memang diketahui tengah berambisi mengembangkan AR sebagai bagian dari upayanya membangun metaverse. Tentu semua itu butuh biaya tidak sedikit. Sebelumnya, Reality Labs, divisi proyek realitas virtual Meta, tercatat merugi US$ 3,7 miliar pada kuartal tiga (Q3) tahun 2022, naik dari kerugian US$ 2,6 milar tahun 2021 dan US$ 2,8 miliar di kuartal terakhir.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version