Pertamina Lubricants Fokus Cetak Wirausaha Muda

PT Pertamina Lubricants (PTPL), menggelar program CSR. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - PT Pertamina Lubricants (PTPL), menggelar program Enduro Student Program (ESP) batch kedua. Program ini merupakan inovasi dari kegiatan program tanggungjawab sosial (CSR) untuk kemandirian ekonomi masyarakat.

Fitri Erika, Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants memaparkan Enduro Student Program pada Agustus 2017 masuk batch 2. “Tujuannya mencetak wirausaha tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif khususnya perbengkelan,” kata Fitri dalam keterangan resmi PTPL baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia, program ini telah dimulai pada 2016. Kali ini ESP akan berfokus pada sektor pendidikan berupa peningkatan pendidikan bidang otomotif sepeda motor dan kewirausahaan.

Pada program ESP, peserta diberikan pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), praktik kerja dan mentorship oleh bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan usaha perbengkelan.

Sasaran utama adalah siswa atau alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK dipilih karena merupakan jenjang pendidikan yang sangat erat kaitannya dengan industri otomotif dan teknologi.
Segmen ini sesuai dengan kegiatan industri yang dijalankan oleh perusahan.

“Dari program ESP batch I telah mencetak wirausaha muda baru dengan merintis lima bengkel baru di Cilacap,” tambah Fitri.

Menurut dia saat ini Pertamina Lubricants mengubah pola pendekatan dari filantropi yang hanya fokus pada donasi dan voluntir menjadi pendekatan creating shared value (CSV). Yakni, kemitraan strategis yang dapat menciptakan dampak dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version