Pertamina XScouts Program, Upaya Percepatan Pertumbuhan Startup Inovasi Energi

Pertamina Ide Gila

Lukman Hakim dan Agus Supriyanto menciptakan biotanol dari ampas sagu dalam kompetisi Ide Gila dari Pertamina. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjadi katalis pengembangan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan, dan petrokimia. Salah satu wujud dari komitmen tersebut adalah dengan mendorong inovasi energi dan berkolaborasi dengan startup lewat program Pertamina XScouts.

Direktur Strategi, Portfolio dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero), Iman Rachman, menegaskan bahwa keterbukaan inovasi (open innovation) menjadi salah satu kunci sukses (key success factor) Pertamina untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis di tengah tantangan transisi energi.

“Pertamina senantiasa melakukan kolaborasi dan inovasi untuk melahirkan gagasan-gagasan cemerlang untuk membangun ketahanan energi nasional berbasis energi bersih. Komitmen kami sangat kuat dalam hal ini,” jelas Iman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Dalam kerangka Open Innovation tersebut, imbuh Iman, Pertamina menyelenggarakan Pertamina XScouts Program yang dapat diikuti oleh startup yang memiliki inovasi energi yang relevan.

“Pertamina XScouts adalah platform bagi para startup untuk berkolaborasi dengan Pertamina dan bersama-sama mengembangkan bisnis khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan, dan petrokimia. Terdapat dua channel untuk program XScouts, yaitu Partnership dan Growth,” imbuh Iman.

Iman menambahkan bahwa platform ini akan membantu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas proses Open Innovation dan meningkatkan level kepercayaan startup terhadap komitmen Pertamina dalam mencari, menjangkau, menyambut, dan menyinergikan value creation.

“Dalam kolaborasi ini, kami menawarkan access to market, access to funding, access to expertise, dan tentunya business viability,” tandas Iman.

Pendaftaran peserta akan dibuka setelah Launching Pertamina XScouts yang akan dikemas dalam One Day Virtual Talks bertajuk “Shaping the Future of Energy” pada tanggal 29 September 2021. Pertamina akan menghadirkan pembicara dari berbagai background seperti startup, lembaga inkubator, venture capital, hingga perwakilan dari Pemerintah.

Event ini diharapkan mampu memberikan insight yang membangun minat usaha rintisan berbasis inovasi dan mendorong kolaborasi dengan Pertamina di bidang energi bersih, energi terbarukan, dan petrokimia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Program XScouts secara komprehensif termasuk persyaratan dan benefitnya, peserta diharapkan dapat registrasi dan hadir dalam event One Day Virtual Talks tersebut. Informasi mengenai acara dapat diperoleh melalui Instagram dan Website Pertamina XScouts.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version