Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Pertumbuhan E-Commerce Tak Ganggu Bisnis Mall

12 Mei 2017
in News
Reading Time: 1 min read
Pemerintah Akan Hapus Perpanjangan SIUP dan TDP

Enggartiasto Lukita Menteri Perdagangan RI. (Foto: Kemendag/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Belakangan ini toko online atau e-commerce tengah tumbuh pesat. Akankah mereka menjadi ancaman bagi bisnis pusat belanja alias mall ?

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai, pertumbuhan e-commerce tidak akan mengganggu pertumbuhan bisnis pusat belanja. Sebab, saat ini masyarakat masih menyukai belanja di gerai pusat perbelanjaan (toko offline).

Menurutnya, masyarakat tetap saja membutuhkan tempat berinteraksi dalam bertransaksi. Dengan demikian, pengusaha pusat belanja harus mampu meningkatkan kreativitasnya agar masyarakat tetap gemar datang ke mal dan berbelanja.

“Karena tetap saja orang berpikir akan datang lagi, dan masih banyak lagi inovasi-inovasi yang ada,” tutur Enggar dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) baru-baru ini di Jakarta.

Baca juga :   Ruang Kreatif untuk Kreator Video Indonesia Kembali Digelar

Dari Catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dari hampir 258 juta penduduk Indonesia dengan pendapatan perkapita US$ 3.600. Hampir 50 juta penduduk masuk kategori mampu dan menghabiskan US$ 75 miliar untuk kuliner dan USD 22 miliar untuk pakaian dan lainnya.

“Dan 30 % penduduk Indonesia itu ada dari middle class. Ada banyak penduduk yang usia menengah dewasa, yang masuk dalam angkatan kerja. Jadi potensinya itu sangat besar,” ujarnya.

Kendati demikian, Enggartiasto tetap mengingatkan e-commerce harus tetap diwaspadai.

“Tapi sekali lagi saya berikan early warning untuk diri kita masing-masing, jangan abaikan online. Karena e-commerce itu yang jadi persoalan adalah saat masyarakat belanja itu tidak bayar pajak, sedangkan mereka datang ke mal sudah bayar pajak. Kemudian bayar sewa yang mahal, jadi itu terjadi persaingan,” katanya.

Baca juga :   Pertumbuhan Shoppe 350% di 2017

STEVY WIDIA

Tags: Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI)e-commerceMenteri Perdagangan Enggartiasto Lukitapusat belanja
Previous Post

Telkom dan Blanja.com Bersinergi Tingkatkan Daya Saing UKM

Next Post

Bantu Komunikasi Pelaku Usaha, Telkomsel dan Cisco Berkolaborasi

Related Posts

Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online
Headline

LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online

22 Oktober 2025
0
Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall
Headline

Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall

18 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Bantu Komunikasi Pelaku Usaha, Telkomsel dan Cisco Berkolaborasi

Bantu Komunikasi Pelaku Usaha, Telkomsel dan Cisco Berkolaborasi

Apa Tantangan Terbesar e-Commerce di Indonesia ?

Apa Tantangan Terbesar e-Commerce di Indonesia ?

Menaker dan Slank Luncurkan Aplikasi Pencari Kerja

Menaker dan Slank Luncurkan Aplikasi Pencari Kerja

Discussion about this post

Recent Updates

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

Apple Gelar Swift Student Challenge 2026, Kisah Peserta Indonesia Jadi Inspirasi

12 November 2025
Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

Sora Hadir di Android, Siap Bersaing di Pasar Aplikasi Video Pendek

12 November 2025
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version