youngster.id - Pandemi Covid-19 telah membatasi aktivitas masyarakat di ruang public. Hal ini tentu berdampak besar pada industri event virtual. Terkait hal itu, EventX, perusahaan manajemen acara virtual yang berbasis di Asia meraih pendanaan seri B senilai US$10 juta yang dipimpin bersama oleh HTC dan Gaocheng Capital.
Dengan jumlah dana yang telah didapat, EventX ingin memperluas bisnis ke Indonesia dengan menyediakan layanan dukungan untuk perusahaan yang menargetkan konsumen serta perluasan bisnis ke Tiongkok.
CEO dan Co-founder EventX Sum Wong mengatakan, ruang kerja virtual dan acara virtual akan menjadi norma baru.
“Pembentukan kerjasama ini akan menghasilkan sinergi yang mendalam antara keahlian yang kami miliki dan karya terobosan HTC VIVE di ruang VR. Kolaborasi ini akan mendukung EventX untuk menghadirkan pengalaman acara virtual dan hybrid yang benar-benar baru dan lebih menarik serta interaktif,” katanya dalam siaran pers, Jumat (3/9/2021).
Menurut dia, sebagai salah satu pemimpin industri acara, EventX akan terus mengeksplorasi kemungkinan baru, mempopulerkan aplikasi, dan menciptakan kebutuhan pengguna. Kemampuan unik EventX, mencakup dukungan untuk kegiatan acara di Asia juga telah berhasil mendapatkan kontrak kerjasama dari ratusan acara terbesar di dunia dari perusahaan pemain industri terkemuka, termasuk Alibaba, PwC, GL Events, Informa, Reed Exhibition, Yahoo, sektor pemerintah, universitas dan lainnya.
EventX telah memposisikan diri sebagai platform acara virtual terkemuka di Asia, terutama di China, di mana perangkat desainnya yang unik mampu mengatasi firewall internet sehingga dapat menghadirkan layanan acara lintas wilayah. Sementara itu, HTC VIVE juga telah mendapatkan banyak pengakuan atas riset dan kemajuannya dalam penelitian dan pengembangan VR.
Jing Hong, Founding Partner Gaocheng Capital mengatakan, Gaocheng berkomitmen untuk mendukung solusi SaaS ke level selanjutnya dan membawanya ke tingkat pertumbuhan baru. “Kami sangat terkesan dengan penawaran produk inovatif EventX, tim manajemen berbakat, dan pertumbuhan yang sangat pesat. Pada saat pandemi menghalangi pelaksanaan acara pameran offline, teknologi virtual online dan hybrid EventX diposisikan menjadi solusi penting untuk membantu bisnis dari berbagai skala untuk menarik pelanggan dan memperluas koneksi di seluruh dunia,” katanya.
Pembentukan kerjasama strategis dan tingginya antusiasme para investornya sejalan dengan kinerja yang luar biasa oleh EventX dalam setahun ini di mana perusahaan telah mencapai pertumbuhan pengguna lebih dari 800% yoy dan menjaga kepuasaan lebih dari 5 juta pengguna dari 20.000 acara online, hybrid, dan offline yang terselenggara.
Joseph Lin, Presiden VIVEPORT menjelaskan VR memiliki kemampuan untuk memajukan dunia, dan di HTC VIVE berusaha untuk menciptakan alat untuk mempercepat adopsi VRtidak hanya menggunakan perangkat VR, tetapi juga komputer, tablet, dan smartphone dan sekaligus berinteraksi secara efektif.
“Tentunya melalui, kerjasama strategis dengan EventX menggambarkan upaya berkelanjutan HTC VIVE dalam menyediakan solusi untuk bertemu, bersosialisasi, dan belajar melalui VR dan seterusnya. Kesempatan besar dan antusiasme dalam kemitraan ini akan membangun kedekatan bersama tanpa batas geografis,” kata Joseph Lin.
EventX akan berinvestasi besar-besaran dalam menciptakan inovasi produk untuk mempimpin pemulihan industri acara pada saat situasi pandemi seperti ini, yang mana upaya ini tidak hanya akan menstabilkan dan memperkuat layanan acara virtual tetapi juga membuka peluang baru untuk industri pemasaran dan acara.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post