Piala President Esports 2021 Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Piala Presiden Esports 2020

Para pemenang Piala Presiden Esport 2020. (Foto: istimewa)

youngster.id - Piala Presiden Esports 2021 telah resmi memulai Kick Off pada Sabtu, 9 Oktober 2021 lalu dengan mengusung tema #BanggaEsportIndonesia dan konsep artistik “Land of Wonders” yang mengeksplor keindahan alam dan nilai budaya Indonesia ke panggung Esports dunia.

Menparekraf Sandiaga Uno yang hadir pada saat acara kick-off mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 pada Desember mendatang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali. Kemasan ini selaras dengan upaya Pemerintah RI dalam mendorong pertumbuhan pariwisata melalui sports tourism.

“Destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali. Diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali,” ujar Sandiaga, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/11/2021).

Turnamen Piala Presiden Esports 2021 ini akan diikuti lebih dari 61.784 atlet eSports Tanah Air dan masih akan terus bertambah. Babak kualifikasi turnamen tersebut akan berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang dan terbagi dalam enam regional wilayah. Yaitu Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua. Selain kualifikasi regional, ada babak kualifikasi terbuka yang dapat diikuti peserta yang berasal dari berbagai daerah.

Dengan total hadiah sebesar Rp 2 Miliar, Piala Presiden Esports 2021 akan mempertandingkan 6 cabang gim yaitu eFootball PES, Free Fire, Mobile Legends, PUBG Mobile, MPL Gaming (Speed ​​Chess), dan Lokapala.

CEO Melon Indonesia, Dedi Suherman mengatakan Melon Indonesia sebagai publisher gim lokal Lokapala yang dikembangkan oleh Anantarupa Studio merasa terhormat dan sekaligus bangga dengan gim Lokapala diikutsertakan dalam ajang bergengsi ini.

“Kami dari Melon Indonesia turut bangga dengan ikutnya Lokapala sebagai gim lokal yang dipertandingkan di ajang Piala Presiden Esports 2021 ini” ujar Dedi.

Lokapala untuk pertama kalinya hadir di acara Piala Presiden Esports 2021, ini merupakan bukti bahwa karya Indonesia mampu bersaing dengan produk luar negeri. Bahkan, sebelumnya Lokapala telah sukses hadir di eksibisi Esports Pon XX Papua 2020 lalu.

Dari total hadiah Rp 2 milyar yang disediakan di Piala Presiden Esports 2021, cabang gim Lokapala akan mempertandingkan hadiah senilai Rp 200 juta. Hadiah tersebut akan terbagi menjadi 3 kategori sesuai dengan sistem babak pertandingan Lokapala di Piala Presiden Esports yaitu babak kualifikasi regional, babak kualifikasi terbuka, dan main event.

Babak kualifikasi Regional untuk cabang Lokapala di Piala Presiden Esports 2021 resmi digelar mulai awal pekan lalu. Delapan tim dari beberapa regional berjuang untuk bisa melangkah ke babak main event.

Di babak main event inilah para peserta akan berjuang memperebutkan hadiah utama. Tim yang berhasil keluar sebagai juara Piala Presiden Esports 2021 cabang gim Lokapala akan memperebutkan uang tunai sebesar Rp 120 juta. Selain itu, tim yang berhasil finish di urutan kedua alias runner-up akan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 50 juta. Sedangkan tim yang berada di posisi ketiga dan keempat akan membawa pulang hadiah masing-masing senilai Rp 15 juta. Dan untuk pemain yang menjadi MVP akan mendapat hadiah sebesar Rp 10 juta.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version