youngster.id - Pandemi virus covid-19 membawa dampak besar dalam bisnis, termasuk startup. Ditengah krisis ini, startup F&B Kopi Kenangan justru memastikan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja bagi para karyawan. Selain itu akan disiapkan dana sebesar Rp15 miliar untuk menghadapi kondisi ini.
CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata mengungkapkan, Kopi Kenangan sadar bahwa pandemi COVID-19 “memaksa” kita untuk beradaptasi dengan melakukan berbagai perubahan sekaligus mengubah cara hidup sehari-hari. Untuk itu, Kopi Kenangan berkomitmen untuk mendukung pihak-pihak yang terkena dampak pandemi COVID-19, terutama para pekerja kesehatan, karyawan Kopi Kenangan, serta mereka yang paling terkena dampak ekonomi akibat pandemi global ini.
“Sesuai visi kami, ‘Dari Indonesia untuk Dunia,’ Kopi Kenangan ingin turut bekerja bersama masyarakat Indonesia dan menghadapi masa-masa menantang ini,” ujar Edward dalam keterangan resmi, Kamis (9/4/2020) di Jakarta.
Dia menegaskan, manajemen Kopi Kenangan memastikan Kopi Kenangan tidak akan melakukan PHK terhadap barista dan karyawan tetap Kopi Kenangan. Bukan hanya itu, pimpinan Kopi Kenangan juga telah mengambil langkah pertama untuk memastikan kelangsungan bisnis dengan hanya mengambil gaji Rp1/bulan mulai Maret 2020 sampai krisis ini berhasil diatasi.
“Hal ini dilakukan untuk mendukung stabilitas finansial mereka yang terkena dampak akibat perlambatan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19,” ucap Edward.
Dia menjelaskan, pihak manajemen menyediakan Rp15 miliar sepanjang tahun 2020 untuk membantu berbagai pihak yang terkena dampak penyebaran COVID-19. Rp13 miliar digunakan untuk melindungi kesehatan dan keamanan pelanggan, barista serta produk Kopi Kenangan melalui pembelian mesin sterilisasi, hand sanitizer, alat pengecek temperatur dan sarung tangan serta masker non-medis. Sisa Rp2 miliar akan didonasikan langsung kepada beberapa partner yang bekerja bersama Kopi Kenangan dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19.
Selain itu, digelar Kampanye Senang (Sehat Bersama Kenangan) untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pelanggan serta karyawan. Kampanye SENANG juga memastikan kebersihan produk yang dipesan secara online dengan menyertakan SENANG Care Card dan penyegelan produk pesanan. Selain itu, Kopi Kenangan juga mendukung peraturan pemerintah untuk membatasi kontak fisik dengan meniadakan area duduk di gerai Kopi Kenangan.
Gerai Kopi Kenangan juga akan mendistribusikan 50.000 cangkir Kopi Kenangan gratis untuk para tenaga medis yang menjadi ujung tombak dalam menghadapi pandemi global ini. Kopi Kenangan dikirimkan secara gratis ke rumah-rumah sakit yang menangani kasus COVID-19.
“Kami berharap donasi dan upaya ini dapat memberikan kontribusi positif dalam perjuangan kita bersama menghadapi COVID-19 sekaligus membantu dalam menghadapi tantangan yang tengah kita hadapi,” pungkas Edward.
STEVY WIDIA
Discussion about this post