Plug and Play TechCenter Akan Hadir di Indonesia

Gerakan nasional 1000 startup digital. (Foto : Stevy Widia/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Plug and Play Tech Center dikenal sebagai akselerator bisnis yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan start up teknologi akan hadir di Indonesia. Kedatangan perusahaan ini atas inisiatif dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang ingin melahirkan seribu startup berkualitas.

“Kita akan mengundang Plug and Play TechCenter ke Indonesia untuk berbagi ilmu tentang eCommerce kepada perusahaan startup. Kita berupaya untuk membangun ekosistem eCommerce Indonesia,” Kata Rudiantara yang dilansir situs Kominfo (19/9/2016).

Langkah ini selaras dengan target pembentukan 1.000 teknopreneur nasional pada tahun 2020. Menkominfo berencana akan menciptakan satu unicorn startup mulai 2016, dan kemudian dua unicorn lagi dalam lima tahun ke depan. ”Sehingga Indonesia akan punya tiga unicorn e-commerce dengan kapitalisasi pasar USD 1 miliar di tahun 2020,” kata Rudiantara saat menemui Saeed Amidy, CEO Plug and Play di AS.

Plug and Play Tech Center adalah perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang menyediakan konsultasi, inkubasi, akselerasi hingga mempertemukan pemilik usaha rintisan digital dengan investor.

Sebelumnya, Executive Vice President and Head of International Affairs US Chamber of Commerce Myron Brilliant mengakui bisnis eCommerce di Indonesia menjadi perhatian dari Amerika Serikat. “eCommerce bisa menjadi industri yang besar di masa depan bagi Indonesia,” katanya.

Menurut Myron, perkembangan bisnis di Indonesia akan sangat ditentukan oleh teknologi.”Perlu edukasi ke masyarakat. Di masa depan perlu dikembangkan dengan menggunakan sektor teknologi,” tutupnya.
.

STEVY WIDIA