youngster.id - Perilaku konsumen telah mengalami perubahan selama pandemi, di mana transaksi online meningkat. Karena itulah, penting bagi pelaku usaha, dan e-commerce mengetahui perilaku belanja online konsumen, khususnya menjelang ramadan.
Riset iPrice mengenai perubahan perilaku berbelanja Muslim di Indonesia pada saat Ramadhan mendapati, trafik berbelanja online meningkat hingga 345% pada jam 5 pagi jika dibandingkan dengan bulan biasanya di Indonesia karena adanya perubahan waktu jam makan yaitu sahur.
Dikarenakan perayaan Ramadhan tahun ini akan juga berbeda, pergantian pola hidup dan cara berinteraksi sosial berdampak juga pada daya dan habit berbelanja.
“Berkaca dari 2020 kemarin, riset iPrice menemukan kategori fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kue lebaran menjadi kategori paling banyak dibeli pada saat berbelanja kebutuhan ramadhan dan hari raya. Temuan dari Blibli dan iPrice bisa dijadikan panduan membantu pelaku UMKM untuk memastikan kategori produk diatas akan ada dalam promo unik yang dilangsungkan selama Ramadhan 2021 mendatang,” kata Dea Vivin Devita, Senior Content Marketing iPrice Group, dalam keterangannya baru-baru ini.
Sementara itu, Shopback menggelar survei Kebiasaan Belanja Online pada awal Maret 2021 kepada 2.025 responden di 4 tingkat kota di Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.
“Kami juga ingin membantu merchant dan partner mendapatkan pemahaman lebih luas terhadap pasar dan konsumen yang mereka tuju,” ujar Country Manager of Shopback Indonesia, Galuh Chandra Kirana.
Lantas, bagaimanakah kebiasaan belanja online konsumen pada kuartal I 2021, tepatnya menjelang puasa?
Metode Pembayaran Favorit
Dari segi metode pembayaran, 65% responden memilih transaksi melalui dompet digital, 48% bayar tunai di tempat (COD), 45% transfer lewat mobile/internet banking.
Frekuensi Belanja Lewat Media Sosial
Penetrasi grup Facebook masih yang terkuat di Indonesia. Instagram menjadi pilihan utama di kota tingkat 1 & 2 dan Facebook di kota tingkat 3 & 4. Dalam hal frekuensi belanja, pengguna yang berbelanja bulanan (70%) lebih tinggi daripada mereka yang berbelanja mingguan (23%).
TopMarketplace
Situs belanja daring top versi konsumen adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. 5 alasan konsumen mengunjungi situs-situs itu, yakni:
– Banyak promo menarik (56%);
– Proses pemesanan dan pembayaran mudah (52%);
– Terpercaya (53%);
– Gratis ongkir (51%); dan
– Penggunaan aplikasi/web mudah (48%).
STEVY WIDIA
Discussion about this post