Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Nasional Gemar Membaca

Presiden Jokowi dalam acara Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka, (Foto: Setkab/Youngsters.id)

youngster.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, mencanangkan gerakan nasional Gemar Membaca dalam rangka Hari Buku Nasional 2017.

Hari Buku juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta, pada 17 Mei 1980, yang diharapkan dapat memacu minat baca di kalangan masyarakat, sekaligus meningkatkan penjualan buku.

Saat ini, terdapat sekitar 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahunnya di Indonesia. Jumlah itu jauh tertinggal dibandingkan negara lainnya, seperti Jepang yang mencapai 40 ribu judul buku per tahun dan Tiongkok (140 ribu judul per tahun).

Selain itu, rendahnya minat baca disebabkan sejumlah faktor, di antaranya kebiasaan masyarakat yang masih didominasi budaya tutur. Berdasarkan hasil kajian Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara.

Keberadaan internet juga turut mempengaruhi minat baca di Indonesia. Berdasarkan data Perpustakaan Nasional, pada tahun 2016, sebanyak 132,7 juta penduduk Indonesia tecatat sebagai pengguna internet, di mana 86,3 juta jiwa di antaranya bermukim di Pulau Jawa.

STEVY WIDIA

Exit mobile version