Presidensi G-20 Jadi Momentum UMKM Unjuk Gigi

InaFashion Smesco Online Expo 2021

Menteri Teten Masduki meninjau InaFashion Smesco Online Expo 2021. (Foto: istimewa)

youngster.id - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, momentum Presidensi G-20 di Indonesia menjadi kesempatan besar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk unjuk gigi.

Side event G-20 yang ditugaskan kepada kami ini ingin kami gunakan sampai nanti KTT November 2022 sebagai momentum ajang promosi produk koperasi dan UMKM,” kata Teten lewat keterangan resmi Senin (9/5/2022).

Kementerian Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia juga menggelar side event G20 yaitu Telkomsel Pasar Nusa Dua sebagai gelaran pertama promosi produk unggulan Indonesia.

Teten menjelaskan, pihaknya hendak mempromosikan produk artisan yang sudah dikurasi dengan baik sebagai upaya mendorong UMKM siap bersaing di pasar global. Beberapa produk unggulan itu di antaranya kuliner, wellness, dan fesyen.

Menurut dia, keunggulan produk artisan ialah mampu memenuhi minat masyarakat, memiliki keunikan, dan tidak diproduksi secara massal.

“Saya sudah keliling Indonesia dan produk UMKM tidak kalah dengan produk industri, malah produk custom dan ini jadi keunggulan karena barangnya langka kan. Jadi semakin langka semakin bagus,” ungkap dia.

Menteri Teten berharap ajang promosi dalam rangkaian kegiatan Presidensi G-20 dapat mewujudkan kehadiran UMKM sebagai kekuatan utama ekonomi Indonesia.

Selain memanfaatkan kekayaan budaya dan seni sebagai sumber kekuatan usaha mikro, Menkop juga bakal menyiapkan masa depan yang berbasis inovasi dan teknologi.

Road map-nya sudah ada, ini sudah kita siapkan dan sekarang tinggal kita bentuk kolaborasi dengan semua pihak,” ujar Teten.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version