Pria dan Wanita Ternyata Berbeda Saat Belanja Online

Survey Jakpat menunjukkan minat belanja online meningkat pada Ramadan ini. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Pria dan wanita tenryata memiliki kadar mengakses mobile browser di angka yang sama. Namun, survei Opera Software di beberapa kota besar di Indonesia menunjukkan perbedaan saat berbelanja online.

Dalam siaran pers Operasi Software baru-baru ini diungkapkan, sebanyak 60 responden perempuan mengaku mengakses mobile broswer lebih dari delapan kali sehari untuk beraktivitas online seperti mencari informasi, membaca berita dan mengakses media sosial.

Perempuan pengguna mobile browser lebih tertarik berbelanja online dibandingkan dengan laki-laki. Survey mendapati banyak perempuan (37 %) yang tertarik untuk berbelanja online atau mencari barang di situs e-commerce daripada laki-laki (34 %).

Survei yang melibatkan 420 pengguna internet di Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar ini juga menemukan bahwa rata-rata perempuan maupun laki-laki tidak menyukai default browser, browser bawaan dari ponsel.

Mereka lebih memilih memasang browser dari pihak ketiga. Survei Opera menunjukkan hanya 1 dari 10 pengguna ponsel pintar menggunakan default browser.

Pengguna internet juga ingin menghemat data di browser sehingga mereka menyukai perambah yang memakai teknologi kompresi gambar dan video.

Baik konsumen perempuan maupun laki-laki tidak menyukai iklan yang menutupi layar ponsel mereka sehingga ad-block juga menjadi fitur browser yang disukai.

Dari segi pengunaan data, konsumen laki-laki dan perempuan sama-sama menyukai paket data dengan kuota besar.

Lebih dari 50% responden perempuan membeli paket data 5GB atau lebih setiap bulan, sementara laki-laki berjumlah 47 %.

Sebanyak 23 % perempuan membeli paket data sebesar 10GB atau lebih dan 22 % laki-laki melakukan hal yang sama.

STEVY WIDIA