youngster.id - Kehadiran e-commerce telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat. Mereka semakin sering berbelanja online termasuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Dalam survei yang dilakukan Shopback pada 2.448 responden, terungkap bahwa produk yang banyak dibeli secara online adalah pulsa. Pemeblian pulsa selular menduduki peringkat pertama atau mencapai 58% responden untuk kategori produk yang paling sering dibeli. Pulsa mengungguli kategori fashion (55.8%) dan gadget (49,8%).
“Tak heran kalo hampir semua e-commerce menawarkan penjualan pulsa pada layanannya, termasuk e-commerce travel,” ujar Indra Yonathan Country General Manager Shopback Indonesia, Selasa (5/9/2017) di Jakarta.
Indra memperkirakan perubahan ini dikarenakan faktor kemudahan dan kenyamanan. Masyarakat bisa membeli kapan dan di mana saja hanya dengan menggunakan ponsel.
Kebutuhan utama lainnya seperti pembayaran listrik juga mengandalkan peran e-commerce (35,5%). Diikuti oleh pemanfaatan jasa transportasi online yang meningkat hingga 83%.
“Dari survey kami terlihat bahwa mayoritas konsumen online adalah kalangan usia 15 hingga 35 tahun. Mereka sangat produktif dan memiliki banyak kebutuhan yang harus diwujudkan,” ucap Indra.
STEVY WIDIA