Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Paling Laris di Tokopedia pada 2023

12 Januari 2024
in News
Reading Time: 3 mins read
Tokopedia Beauty

Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Paling Laris di Tokopedia pada 2023 (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Geliat industri kecantikan di Indonesia terus melaju sepanjang 2023. Data Kementerian Perindustrian telah mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli mengatakan, Tokopedia pun mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022).

Selain itu, lanjut Stefanie, animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri. 

“Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah,” kata Stefanie, Kamis (11/1/2024).

Tren tersebut membuktikan bahwa masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah. Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Selain mencatat deretan produk kecantikan dan perawatan diri yang laris manis, Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.

Baca juga :   Kuliner Indonesia Memukau Academy International of Gastronomy di Paris

Diklaim Stefanie, sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri.

Melalui kampanye Tokopedia Beauty, berupaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Selain itu, kehadiran kampanye Tokopedia Beauty telah membantu deretan brand lokal kecantikan dan perawatan diri mengalami kenaikan penjualan yang lebih pesat. Studio Tropik adalah salah satu contoh brand lokal kecantikan asal Bogor, Jawa Barat, yang merasakan manfaat dari bergabung di berbagai kampanye di Tokopedia, termasuk Tokopedia Beauty.

“Mengingat perkembangan industri kecantikan nasional makin pesat, salah satu tantangan yang sering kami hadapi adalah mendapatkan exposure ke pasar yang lebih luas sekaligus menjaga relevansi dengan masyarakat. Berkat mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia termasuk Tokopedia Beauty, produk Studio Tropik bisa mencapai luar pulau bahkan hingga Papua. Penjualan kami juga naik hingga lebih dari 2 kali lipat saat Desember 2023 dibandingkan November 2023,” ujar Mellisa Angelina Atmadja, CEO Studio Tropik.

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia.

Baca juga :   Tokopedia Unggulkan Produk Fesyen Muslim Lokal di Muslim Fash Forward

“Terkumpul ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023,” ujar Stefanie.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu.

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

“Kami pun melihat dampak positif pada penjualan brand lokal saat momen Harbolnas 12.12 tersebut. Sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” jelas Stefanie.

Baca juga :   Tokopedia Himpun Pendanaan Putaran Akhir

After Beaute adalah salah satu contoh pelaku usaha kecantikan lainnya di Tokopedia yang merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal.

“Sebagai brand lokal kecantikan asal Lampung, After Beaute sangat mengapresiasi adanya kampanye Beli Lokal dari Tokopedia dan TikTok karena memberikan panggung yang lebih luas bagi produk-produk lokal. Berkat Beli Lokal, After Beaute bisa mengalami kenaikan penjualan hingga 30% di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan penjualan di bulan November 2023,” jelas Andhita Irianto, Pemilik Usaha After Beaute.

Di sisi lain, Tokopedia melihat salah satu brand lokal perawatan diri lainnya yang sedang naik daun, yaitu Tulus Skin, mengalami kenaikan penjualan berkat kehadiran kampanye Beli Lokal.

“Tulus Skin terus menerima dukungan dari Tokopedia dan TikTok agar penjualan kami bisa terus melesat, termasuk lewat kampanye Beli Lokal. Di momen Harbolnas 12.12 2023 lalu, transaksi Tulus Skin bisa naik dengan signifikan jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tutup Jessica Anggrainy, selaku salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin.

 

STEVY WIDIA

Tags: Kampanye ‘Beli Lokal’produk kecantikan dan perawatan diriTokopediaTokopedia Beauty
Previous Post

Sociolla Umumkan 18 Brand Pemenang Sociolla Award

Next Post

Huawei Hadirkan Gadget Canggih Untuk Dukung Kreativitas Digital

Related Posts

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas
News

Coffee Academy, Upaya Cetak Barista Muda Berkualitas

18 Juni 2025
0
Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
Load More
Next Post
Huawei Hadirkan Gadget Canggih Untuk Dukung Kreativitas Digital

Huawei Hadirkan Gadget Canggih Untuk Dukung Kreativitas Digital

Komunikasi Digital

Masa Depan Komunikasi Digital

XL Axiata Akan Perkuat Digitalisasi dan Pasar Internet Rumah

XL Axiata Siap Lakukan Perubahan Kegiatan Usaha

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version