Produk Kecantikan Indonesia Diminati Dubai

produk kecantikan

Produk kecantikan lokal semakin diburu. (Foto : Ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Produk-produk kecantikan dari Indonesia meraup Rp6,89 miliar dalam pameran di Dubai World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

“Sebagian besar pengunjung yang datang tertarik dengan produk bulu mata palsu, kosmetik, serta produk-produk alami seperti produk spa dari Indonesia. Total potensi transaksi yang berhasil tercatat selama pameran ini sebesar Rp6,89 miliar,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai, Gusmalinda Sari, dalam siaran pers Selasa (31/05/2016).

Pameran yang berlangsung pada 15-17 Mei 2016 diikuti oleh 1.500 peserta dari 60 negara di seluruh dunia. Tercatat, ada sebanyak 17 perusahaan asal Indonesia yang berpartisipasi dalam pameran itu dan lima diantaranya difasilitasi oleh ITPC dan KJRI Dubai, sementara 12 perusahaan Indonesia lainnya berpartisipasi secara mandiri.

Beautyworld merupakan pameran terbesar dalam bidang produk skin care, perawatan rambut, dan parfum. Selama pameran berlangsung, sebanyak 200 orang mengunjungi stan ITPC Dubai. Sementara itu, inquiry yang masuk melalui stan ITPC Dubai mencapai 50 inquiry.

Para pembeli dalam pameran tersebut tidak hanya berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), tetapi juga dari Rusia, Armenia, Pakistan, dan India.

“Pada tahun 2018 mendatang, nilai ritel untuk produk kecantikan dan perawatan tubuh di Timur Tengah dan Afrika diperkirakan akan mencapai 30 miliar dolar AS. Itu artinya wilayah ini akan menjadi wilayah dengan pertumbuhan tercepat ketiga di dunia untuk sektor kecantikan,” jelas Gusmalinda.

Gusmalinda juga mengimbau para pengusaha Indonesia yang bergerak dibidang produk kosmetik, perawatan rambut, dan parfum untuk memanfaatkan pameran Beautyworld tahun depan.

“Hal ini sangat penting, guna memperluas jaringan bisnisnya di UEA dan Gulf Cooperation Council (GCC), serta yang lebih besar lagi adalah wilayah Middle East and Africa (MENA),” tuturnya.

Berdasarkan laporan Euromonitor, tingkat belanja per kapita penduduk UEA terhadap produk perawatan tubuh mencapai 1,64 triliun dolar AS pada tahun 2015.

Tercatat, produk fragrance merupakan jenis produk dengan tingkat pembelanjaan tertinggi yang mencapai 423 juta dolar AS, diikuti oleh produk perawatan rambut dengan nilai 258 juta dolar AS, produk kosmetik 168 juta dolar AS, dan produk perawatan kulit yang mencapai 165 juta dolar AS.

“Para pengusaha Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang tersebut,” tegas Gusmalinda.

STEVY WIDIA

Exit mobile version