Produk Kreativitas Para Napi Dipamerkan

Batik buatan narapidana Lapas Narkotika Kelas IIA Nusa Kambangan di pameran Produk Unggulan Narapidana di Plaza Pameran Industri. (Foto: Metrotv/Youngsters.id)

youngster.id - Kementerian Perindustrian mengelar pameran bertajuk “Kreativitas Tanpa Batas Meskipun Tempat Terbatas. Pameran ini unik karena menampilan hasil produk kreativitas para narapidana. Beragam produk industri bisa ditemui di sini, mulai dari kerajinan anyaman, kayu, makanan olahan hingga fashion.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto mengatakan pameran ini merupakan tindak lanjut MoU antara Kementerian Hukum dan HAM dengan Kementerian Perindustrian.

“Diharapkan masyarakat menyadari dan menerima kalau warga binaan pemasyarakatan juga punya sisi kehidupan positif dan patut diberikan apresiasi,” kata Bambang Selasa (4/4/2017) di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa.

Pameran yang dibuka Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar ini sudah berlangsung lima kali. Setiap booth menampilkan karya khas dari daerah masing-masing, sebagian membuatnya terlihat lebih meriah dengan aktivitas seperti demonstrasi menenun hingga hingga pertunjukan musik tradisional.

“Pameran ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa warga binaan pemasyarakatan di lapas tetap bisa berkarya, juga mematahkan stigma tentang mereka,” tambah Bambang.

Pameran Produk Unggulan Narapidana ini berlangsung hingga 7 April 2017 di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian.

STEVY WIDIA

Exit mobile version