Produk yang Akan Laris di Harbolnas 2016

Indra Yonathan Country Manager Shopback Indonesia pada media, Jumat (9/12/2016) di Jakarta. (Foto: Stevy Widia/Youngsters.id)

youngster.id - Hari belanja online nasional (Harbolnas ) 2016 dimulai pada Senin (12/12/2016) ini. Gelar jualan serentak oleh pelaku e-commerce Tanah Air berlangsung hingga 14 Desember 2016. Shopback dalam survei mendata sejumlah produk yang bakal menjadi incaran di Harbolnas 2016.

Indra Yonathan, Country General Manager, ShopBack Indonesia memaparkan, gadget dan aksesoris (63,9%) menjadi kategori produk yang paling diincar konsumen ketika Harbolnas 2016 berlangsung nanti. Di posisi berikutnya adalah fashion (52,3%) dan selanjutnya adalah keperluan rumah tangga (50,7%). Kategori produk lain yang disebut akan dibeli oleh konsumen ”“ meskipun tidak terlalu besar persentasenya ”“ adalah makanan dan minuman (28,3%), kecantikan dan kesehatan (26,7%), tiket dan travel (17,6%), serta otomotif (10,3%).

Menurut Yonathan, munculnya gadget dan aksesoris sebagai kategori produk yang paling diincar tidak terlalu mengejutkan jika melihat karakteristik calon konsumen yang berada di kisaran usia 19 tahun sampai dengan 35 tahun. Begitu pula dengan munculnya keperluan rumah tangga yang didorong oleh suara 52% responden berusia 26 tahun hingga 35 tahun yang beberapa di antara mereka merupakan pasangan muda.

“Pelaku e-Commerce dapat menjadikan ini sebagai salah satu pertimbangan utama dalam menghadirkan promosi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Jumlah uang yang akan mereka belanjakan juga dapat menjadi referensi menarik,” kata Yonathan pada peluncurkan ShopBack Shop Fest: The First Smartest Shopping Festival, Jumat (9/12/2016) di Jakarta.

Selain itu, survey mendapati tingginya minat konsumen yang ingin berpartisipasi menikmati beragam keuntungan yang ditawarkan dunia e-Commerce selama Harbolnas 2016. Dalam survei yang dilakukan ShopBack, didapati 86,7% konsumen menyatakan berminat untuk berbelanja di toko-toko online selama Harbolnas 2016 berlangsung, serta 98.8% konsumen juga melihat Harbolnas sebagai event belanja online yang dipersepsikan positif.

Survei ShopBack menemukan fakta bahwa golongan usia 19 tahun hingga 35 tahun akan menjadi golongan konsumen terbesar dari segi usia yang akan berpartisipasi di Harbolnas 2016. Sekitar 58% dari mereka adalah karyawan dengan penghasilan di seputaran Rp2,5juta hingga Rp7,5juta.

Dari survei yang diselenggarakan, mayoritas responden menyiratkan preferensi mereka terhadap media digital. Terlihat bahwa 62,9% akan menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utama untuk ajang Harbolnas, disusul berita publikasi yang muncul di situs belanja online (58,8%)dan media online (46,2%).

“ShopBack menyarankan agar para pelaku e-Commerce Indonesia memperhatikan lebih serius faktor logistikyang berpotensi akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Sebab, dalam survei kami ditemukan fakta bahwasebanyak 59% konsumen masih menjadikan masalah lamanya pengiriman barang sebagai masalah utamanya,” pungkasYonathan.

STEVY WIDIA

Exit mobile version