Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Program Edukasi Perbankan dan Keuangan Perlu Diintensifkan

19 Mei 2016
in News
Reading Time: 2 mins read
Program Edukasi Perbankan dan Keuangan Perlu Diintensifkan

Bambang Setiono, Project Manager Putera Sampoerna Foundation (tengah) dan Nuni Setyoko, Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia (kanan). (foto : istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Jumlah profesional di industri perbankan yang mumpuni dan memiliki kompetensi tinggi menjadi tuntutan dunia perbankan dan keuangan. Untuk itu Sampoerna University bekerjasama dengan HSBC menggelar Program Pendidikan Perbankan dan Keuangan. Hal ini untuk mengintensifkan edukasi di bidang literasi keuangan dan dunia usaha.

“Tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas mumpuni dengan kuantitas yang mencukupi di bidang perbankan merupakan tantangan yang harus segera diantisipasi, terutama untuk mengatasi persoalan-persoalan yang kerap didorong oleh kesenjangan pengetahuan dan referensi, serta literasi keuangan yang belum mencapai tingkat yang diharapkan. Professional Development Program dan Training of Trainers yang kami selenggarakan merupakan bagian dari mata rantai yang utuh dan saling berkaitan dari upaya kami dalam meningkatkan literasi keuangan di Indonesia,” papar Ari Kunwidodo, Director of Fundraising, Putera Sampoerna Foundation, Rabu (18/5/2016) di Jakarta.

Baca juga :   Di Bawah OJK Transaksi Kripto Naik 104%, Pelaku Industri Optimis

Menurut Ari, program literasi keuangan yang diselenggarakan Sampoerna University ini juga berkorelasi dengan rencana pemberlakuan integrasi keuangan dan perbankan di ASEAN pada tahun 2020. Ini tentunya hanya dapat direalisasikan jika masyarakat institusi pendidikan dan pelaku ekonomi memiliki pemahaman yang baik dan tinggi atas pemanfaatan instrumen perbankan dan keuangan.

Kolaborasi dengan HSBC diharapkan dapat mendorong bisnis yang berkesinambungan yang berarti membangun masyarakat dari segi sosial, lingkungan, dan ekonomi. “Kami ingin terlibat dalam pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Kami yakin dukungan terhadap tingkat literasi dan inklusi keuangan akan turut membangun masyarakat meningkatkan taraf perekonomian mereka,” kata Nuni Sutyoko, Head of Corporate sustainability HSBC Indonesia.

Baca juga :   Turnamen MLBB Professional League – Indonesia Season 3 Berhadiah US$120 Ribu

Dia menegaskan bahwa, dengan semakin baiknya tingkat literasi keuangan akan membantu mewujudkan cita-cita untuk meningkatkan kesejahteraan pada khususnya. “Sekaligus membantu percepatan pembangunan ekonomi bangsa pada umumnya,” ujar Nuni.

Program Pendidikan Perbankan dan Keuangan yang diselenggarakan HSBC dan PSF melalui Sampoerna University ini juga mendapatkan dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berdasarkan survei yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2013, jumlah penduduk dengan tingkat literasi keuangan baik baru mencapai 21,84%.

“Program ini kami harapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat sehingga mereka akan semakin mengenal manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan,” kata Horas VM Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK.

Baca juga :   Belanja TI Lembaga Pemerintah di Dunia Bisa Capai Rp9.185 triliun pada 2023

STEVY WIDIA

Tags: edukasi keuanganHSBC IndonesiaOJKprogram literasi keuanganPutera Sampoerna FoundationSDM
Previous Post

Hestyriani Anisa : Berinvestasi Sekaligus Memberdayakan Masyarakat Miskin

Next Post

Era Layanan 4G, Era Pertumbuhan Aplikasi

Related Posts

HSBC Indonesia Business Case Competition 2025
Headline

Universitas Katolik Parahyangan Juara “HSBC Indonesia Business Case Competition 2025”

8 Mei 2025
0
Pasar Kripto
Headline

Di Bawah OJK Transaksi Kripto Naik 104%, Pelaku Industri Optimis

7 Maret 2025
0
Penipuan Account Takeover Landa 97% Bisnis di Indonesia, VIDA Hadirkan Inovasi Solusi
Headline

Penipuan Account Takeover Landa 97% Bisnis di Indonesia, VIDA Hadirkan Inovasi Solusi

8 Februari 2025
0
Load More
Next Post
Era Layanan 4G, Era Pertumbuhan Aplikasi

Era Layanan 4G, Era Pertumbuhan Aplikasi

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Pariwisata

Telkom Solution Dukung Digitalisasi Ekosistem Bisnis Pariwisata

Tel-U Kembangkan Perpustakaan Sekolah di Kampung Cihurip

Tel-U Kembangkan Perpustakaan Sekolah di Kampung Cihurip

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version