youngster.id - Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd berhasil memecahkan rekor menghimpun 213,5 miliar yuan atau US$30,70 miliar melalui ajang promo online “Singles Day”.
“Singles Day” atau juga disebut “Double 11” merupakan acara penjualan belanja online terbesar bahkan melampaui gabungan penjualan online terbesar di AS yakni Black Friday dan Cyber Monday.
Alibaba mencatat meraih US$10 miliar dalam penjualan satu jam pertama setelah tengah malam. Tahun ini, perusahaan melampaui penjualan satu hari penuh tahun 2017 sebesar 168 miliar yuan dalam waktu kurang dari enam belas jam.
Meskipun harga terlampui namun tingkat pertumbuhan penjualan tahunan turun dari 39% menjadi 27% atau berada di tingkat terendah dalam 10 tahun sejarah acara.
Hal ini terjadi lantara perusahaan bergulat dengan penjualan yang prospeknya lebih singkat ditengah ketegangan perdagangan dengan AS.
Awal bulan ini Alibababa merevisi turun penjualan prospek setahun penuhnya 4%-6% sehingga mempengaruhi harga saham perusahaan, yang telah turun sekitar 16% atau hampir dua kali lipat dari tahun 2017.
Pertumbuhan penjualan online juga melambat di mega-kota timur negara itu, termasuk Shanghai dan Beijing, dan Alibaba menyebutkan sekitar 75% dari pendatang baru di kuartal terakhir berada di wilayah kurang berkembang.
STEVY WIDIA
Discussion about this post