youngster.id - Untuk pertama kalinya Indonesia melalui PT Good Indonesia Food (GIF) mempromosikan pameran pariwisata “Feria Internacional de Turismo (FITUR)” yang berlangsung di Madrid, Spanyol, pada 18 -22 Januari 2017. Kegiatan ini dilakukan untui mempopulerkan kuliner Tanah Air di kalangan masyarakat Eropa.
“Kami berupaya memperkenalkan wisata kuliner Indonesia di Madrid yang juga dikenal dengan wisata kuliner mereka yang cukup populer dikenal dengan Tapas,” kata Bhadra Anantadhira Brand Manager PT GIF seperti dikutip dari Antara baru-baru ini.
Bhadra mengatakan keikutsertaan dalam pameran pariwisata internasional yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata RI coba mempromosikan kuluner Indonesia antara lain : rendang, sate ayam dan nasi goreng. Jaringan televisi kabel Amerika Serikat (CNN) pernah menempatkan rendang sebagai menu populer.
“Setiap makanan mempunyai arti dan juga khasiat,” ujar Bhadra Anantadhira.
Sementara itu, Dubes RI untuk Spanyol ,Yuli Mumpuni, mengemukakan bahwa wisata kuliner dan belanja menjadi ikon wisata Spanyol pada 2015-2016. Sebelumnya, menurut diplomat karir Kementerian Luar Negeri RI itu, Spanyol hanya mengandalkan wisata pantai, matahari dan pasir.
Namun, ia menilai, Spanyol kemudian sukses menjadikan makanan tradisionalnya, Tapas, menjadi sangat populer ke mancanegara layaknya sushi dari Jepang. Apalagi, Spanyol akan mengadakan program Madrid Fusion yang menjadi ajang promosi dalam memamerkan makanan dari berbagai daerahnya.
Pameran makanan internasional terbesar di dunia diselenggarakan setelah FITUR tersebut telah menjadi kiblatnya para juru masak (chef) seluruh dunia, sehingga KBRI Madrid juga akan mempromosikan kuliner Indonesia di ajang tersebut, demikian Yuli Mumpuni.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post