youngster.id - PT Pos Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Nurbaya Initiative. Kerjasama ini untuk mengajak lebih banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) berorientasi ke arah digital.
“Dengan cakupan PT Pos Indonesia yang luas dan tersedia di seluruh Indonesia, kami yakin bisa membantu lebih banyak UKM yang belum terhubung ke online untuk mulai beralih ke ranah ini. Dan bapak-bapak petugas pos kini tidak hanya antar surat atau barang, juga pegang perangkat untuk bantu online-kan UKM,” kataGilarsi Wahju Setijono President Director PT Pos Indonesia, baru-baru ini di Galeri Indonesia WOW, SMESCO RumahKu.
Melalui kerja sama ini, PT Pos Indonesia dan Nurbaya Initiative menargetkan sebanyak 2 juta UKM yang akan beralih untuk memanfaatkan internet sebagai medium pemasaran mereka. Gilarsi menyebut, paling lambat pada akhir tahun ini, petugas PT Pos Indonesia sudah akan dibekali dengan perangkat saat berkeliling di wilayah masing-masing.
Petugas akan melakukan survei UKM potensial, dan membantu mereka memasarkan produk ke internet, dengan memotret produk dan mengunggahnya ke media sosial ataupun situs.
Dalam kerja sama ini, Nurbaya Initiative bertindak sebagai kurator untuk menentukan produk yang akan dibantu untuk dipasarkan, sementara Pos Indonesia juga membantu dalam hal pengantaran barang dan sistem pembayaran.
Pos Indonesia dan Nurbaya Initiative hanya membantu dalam merekomendasikan marketplace yang sesuai untuk produk yang dijual oleh UKM. Telah beroperasi selama dua minggu, Gilarsi menyebut, hingga saat ini ruang yang disediakan oleh kedua perusahaan ini lebih banyak dimanfaatkan oleh pedagang ritel dan belum mencakup korporat.
Kerja sama antara keduanya juga didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang disampaikan oleh Menteri Rudiantara. Rudiantara menyebut kerja sama ini turut membantu target pemerintah dalam mengenalkan dan mengajak 8 juta UKM beroperasi di ranah digital.
STEVY WIDIA
Discussion about this post