Raih 59 Miliar Views TikTok Lanjutkan Program #SamaSamaBelajar

Narasumber “Video Pendek Untuk Menyebarkan Pesan Positif”. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Pemanfaatan internet dan platform digital untuk dunia pendidikan semakin meningkat seiring dengan diberlakukannya kebijakan pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik tahun 2020, terjadi peningkatan hampir 100% terhadap penggunaan internet untuk kegiatan belajar di tingkat SMA/sederajat dan juga bangku perkuliahan, dibandingkan tahun 2016.

Hal ini mendorong TikTok Indonesia melanjutkan program #SamaSamaBelajar 2021 yang fokus menghadirkan konten edukasi di platform digital. Konten edukasi dengan tagar #SamaSamaBelajar saat ini telah menempati top konten di TikTok, dengan total jumlah views lebih dari 59 Miliar.

Program yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia ini bertujuan untuk memberikan akses dan kesempatan yang sama kepada siapa pun untuk belajar dan berbagi inspirasi kepada masyarakat melalui konten edukasi di TikTok.

Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek mengatakan, program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemendikbudristek sejak tahun lalu pasti akan menghadapi banyak tantangan lain ke depannya. Teknologi dan platform digital yang ada saat ini merupakan salah satu inovasi dan solusi yang membantu keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

“Di sinilah perlu peran berbagai elemen masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang ada, termasuk oleh peserta didik dan tenaga pengajar. Sehingga inovasi ini dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan mudah bagi siapa pun untuk belajar, seperti yang digaungkan oleh program Merdeka Belajar,” kata pada peluncuran program #SamaSamaBelajar 2021, Kamis (20/5/2021).

Angga Anugrah Putra, Head of Operations, TikTok Indonesia mengatakan, pemberian akses bagi siapa saja untuk belajar dan berbagi inspirasi inilah yang menjadi fokus pada program #SamaSamaBelajar di tahun 2021.

“TikTok terus berkomitmen untuk menjadi platform dimana siapapun dapat bersenang-senang dan menciptakan konten yang menghibur, positif dan bermanfaat. Setahun terakhir, kami telah melihat bagaimana berbagi pengetahuan sederhana di TikTok ternyata dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, menjadi inspirasi, menciptakan peluang karir hingga membuka berbagai kesempatan baru,” kata Angga.

TikTok Indonesia telah mempersiapkan serangkaian kegiatan untuk dilangsungkan sepanjang tahun. Seperti Kompetisi #SamaSamaBelajar #MerdekaBelajar. Kompetisi ini bertujuan untuk mengapresiasi para kreator yang telah memberikan kesempatan dan akses kepada siapapun untuk belajar dan berbagi inspirasi. Serta TikTok Class yang memberikan kesempatan kepada siapapun untuk menjadi kreator edukasi dengan sesi pelatihan bersama tim TikTok Indonesia.

“Kami senang program SamaSamaBelajar dapat membuktikan bahwa siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan memberikan inspirasi kepada orang lain,” kata Angga.

TikTok juga menggelar University Week, kegiatan webinar di 8 kota di Indonesia dalam bagaimana membuat konten edukasi yang menyenangkan dan engaging. Selain itu ada kompetisi #SamaSamaBelajar dan #MerdekaBelajar merupakan kolaborasi dengan Kemendikbud ristek memberikan kesempatan kepada semua kreator untuk membagikan konten informatif mulai tanggal 15 Mei sampai 25 Mei 2021. Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah total ratusan juta rupiah.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version