Raiz Invest Indonesia Luncurkan Aplikasi Investasi

Raiz Invest Indonesia meluncurkan aplikasi investasi mikro berbasis mobile. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Mengusung misi membangun kebiasaan investasi di kalangan milenial, Raiz fokus menyediakan produk reksa dana yang memiliki karakteristik sederhana yang dapat menjadi gerbang awal kebiasaan berinvestasi bagi generasi milenial.

Untuk itu Raiz Invest Indonesia meluncurkan aplikasi investasi mikro berbasis mobile yang menyasar 40.000 generasi milenial untuk menjadi investor baru pada akhir 2019.

CEO Raiz Invest Indonesia Melinda N Wiria mengatakan, sejak awal misi perusahaan ini didirikan adalah menjadikan platform ini sebagai perangkat yang mampu membangun kebiasaan berinvestasi bagi individu, khususnya generasi milenial. Kami memulai dengan mengidentifikasi hambatan berinvestasi yang ada di masyarakat, salah satunya adalah pemahaman tentang investasi yang ternyata tidak cukup hanya melalui edukasi dan sosialisasi saja.

“Sedangkan, tantangan yang nyata ialah bagaimana mengkonversi individu yang sudah di tahap sadar tentang perlunya investasi menjadi berani untuk mencoba dan belajar langsung sembari menggunakan aplikasi ini, atau singkatnya learning by doing,” ucap Melinda dalam keterangan persnya Jumat (24/8/2019).

Menurut dia, peluncuran ini merupakan salah satu milestone penting dalam perjalanan bisnis Raiz Invest Indonesia setelah mengantongi lisensi sebagai Agen Penjual Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Desember 2018 lalu.

Berdasarkan data OJK per Agustus 2019, jumlah investor reksa dana mencapai angka 1,39 juta investor. Kendati mengalami peningkatan setiap tahunnya, angka ini masih sangat
rendah dibandingkan jumlah generasi milenial saat ini. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada 2019 jumlah penduduk usia 20-34 tahun yang merupakan generasi milenial dan sebagian generasi Z kini mencapai lebih dari 60 juta jiwa.

Untuk itu, Raiz menciptakan ekosistem berinvestasi yang sesuai dengan perilaku keuangan serta gaya hidup generasi milenial saat ini, yang umumnya memiliki minat yang tinggi akan pemenuhan gaya hidup dan perencanaan keuangan yang masih belum stabil.

Raiz menawarkan platform investasi yang terintegrasi dengan Bank dan uang elektronik yang menjadi sumber penempatan dana maupun moda pembayaran yang kerap digunakan generasi milenial. Saat ini Raiz sudah menjalin kerja sama dengan CIMB Niaga guna memudahkan user dalam melakukan pemindahan dana secara langsung memanfaatkan layanan internet banking CIMB Clicks.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version