Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Ramadan Jadi Peluang Sukses Aktivasi Brand

7 Mei 2019
in News
Reading Time: 3 mins read
twitter

Twitter. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Twitter melakukan survei terhadap 1.573 pengguna di Indonesia melalui platform Twitter pada bulan Februari 2019 dan terhadap 174 pengguna aktif harian di Indonesia melalui panel daring pada bulan April 2019.

Berikut ini adalah beberapa temuan sekaligus tips bagi pemilik brand dan pemasar dalam melakukan aktivasi Ramadan di Twitter.

 Di tahun 2018, terdapat 133 juta Tweet terkait Ramadan secara global; di mana 20%-nya berasal dari Indonesia.2 Percakapan seputar Ramadan di Twitter mulai meningkat sebulan sebelum Ramadan tiba.3 Pada saat ini, mayoritas Tweet adalah mengenai hari pertama Ramadan dan Lebaran. Pemilik brand perlu mempertimbangkan untuk memulai kampanye di Twitter lebih awal agar memaksimalkan interaksi dengan audiens serta meningkatkan penjualan selama Ramadan.

Topik percakapan di awal bulan Ramadan berkisar tentang keluarga, puasa dan kegiatan ibadah. Namun, menjelang akhir bulan, percakapan berubah menjadi seputar mudik dan perayaan Hari Kemenangan.4 Sebelum matahari terbit pukul 04.00 WIB, volume Tweet mulai meningkat, dan mencapai puncaknya setelah waktu buka puasa, antara jam 19.00-22.00 WIB.5 Periode waktu ini adalah momen paling tepat untuk tetap terhubung dengan audiens ketika pengguna Twitter sangat aktif. Tiga topik utama yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama bulan Ramadan di Indonesia adalah: #Mudik, #Makanan, dan #Belanja.

Baca juga :   Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

Sebagian besar pengguna Twitter di Indonesia berpendapat, bahwa mudik merupakan momen untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman selama Ramadan. Sementara itu, komunikasi melalui media sosial merupakan cara kedua yang paling disukai untuk tetap terhubung dengan keluarga dan sanak saudara pada bulan Ramadan, melampaui opsi lain seperti mengirimkan SMS, telepon dan video call.6

 Momen Ramadan menghadirkan peluang bagi brand untuk terhubung dengan audiens mereka yang lebih terbuka terhadap hal-hal baru. Konsumsi konten di Twitter mencapai puncaknya selama Ramadan, dengan adanya peningkatan lebih 50% dalam durasi penggunaan Twitter yang terpantau di antara pengguna Twitter di Indonesia selama periode tersebut. Konsumsi konten video juga mengalami peningkatan sebesar lebih dari 88% terkait berapa lamanya seseorang menyaksikan video di Twitter.7

Baca juga :   ASEAN Cyber ABC Luncurkan Panduan Dunia Siber Untuk Anak

Makanan dianggap sebagai pemersatu keluarga dan masyarakat pada Bulan Suci dan merupakan konten yang paling digemari oleh pengguna Twitter di Indonesia, sejajar dengan konten seputar agama (60%). Konten lain yang menarik perhatian pengguna termasuk komedi (55%), hiburan/budaya populer (48%), serta kesehatan dan wellness (39%).8

Bulan Ramadan adalah momen kebersamaan dengan keluarga dan teman melalui aktivitas kuliner, empat dari lima pengguna Twitter di Indonesia mengatakan mereka lebih senang memasak di rumah selama Bulan Suci. Selain itu, satu dari lima pengguna Twitter lebih memilih memesan menggunakan jasa pengiriman makanan. Pengguna laki-laki dan eksekutif muda di Twitter adalah konsumen yang lebih cenderung memesan makanan menggunakan jasa pengiriman selama Ramadan.9

Baca juga :   BNI Sekuritas Ditunjuk sebagai Mitra Distribusi Penjualan SBN ORI024

Konsumsi konten meningkat selama bulan Ramadan, di mana 63% pengguna Twitter berencana menonton lebih banyak video dan film secara daring dibandingkan biasanya.10 Dengan video di Twitter, brand yang ingin memanfaatkan momentum tingginya tingkat percakapan dapat menyampaikan cerita yang kaya dan interaktif melalui konten yang menarik perhatian konsumen dan membantu meningkatkan iklan. Pengguna juga responsif terhadap konten live streaming, dengan 71% tertarik untuk menonton acara eksklusif yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

69% pengguna ponsel millenial di Indonesia menonton video menggunakan ponsel pribadi mereka setiap bulannya. Konsumsi video tumbuh +150% di Indonesia dari tahun ke tahun. Konsumsi konten video juga mengalami peningkatan sebanyak +88% selama Ramadan. Hal ini memperlihatkan, bahwa video adalah konten yang efektif bagi brand untuk meluncurkan produk atau inisiatif baru.

STEVY WIDIA

Tags: brand
Previous Post

Tim Indonesia Masuk Final Liga PES Dunia di Inggris

Next Post

Pendapatan Global TikTok Capai US$ 11 Juta

Related Posts

Meta Instagram
Headline

Meta Hubungkan Brand dan Kreator di Instagram Creator Marketplace

11 Juni 2024
0
startup
News

Ini Perubahan yang Harus Diperhatikan Brand Pasca Pandemi

9 Oktober 2022
0
Influencer marketing
Headline

Influencer Membantu Brand Membangun Lebih Banyak Koneksi dengan Konsumen

3 Juli 2022
0
Load More
Next Post
Kampanye TikTok Travel x Wonderful Indonesia

Pendapatan Global TikTok Capai US$ 11 Juta

Program Fantastic Deal, Wujud Apresiasi Telkom pada Pelanggan IndiHome

Program Fantastic Deal, Wujud Apresiasi Telkom pada Pelanggan IndiHome

3 Wujudkan Semangat Kewirausahaan dan Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

3 Wujudkan Semangat Kewirausahaan dan Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadhan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version