youngster.id - Memeriahkan rangkaian kegiatan Hari UMKM Nasional, sekaligus mendorong pemberdayaan UMKM, Tokopedia dan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KemenkopUKM RI) menggelar live shopping bertema ‘#FlexingLokal’ yang disiarkan lewat Tokopedia PLAY di Pura Mangkunegaran Solo.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Republik Indonesia, Teten Masduki mengungkapkan, salah satu prioritas Kementerian Koperasi dan UKM adalah mendorong digitalisasi bagi para pelaku usaha Indonesia. Saat ini sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.
“Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas. Ayo kita cintai, beli dan konsumsi produk-produk lokal,” kata Teten, Minggu (13/8/2023).
Dalam kesempatan yang sama, Presiden E-Commerce GoTo (Tokopedia), Melissa Siska Juminto, menyampaikan bahwa Tokopedia PLAY menjadi salah satu contoh dari inovasi teknologi GoTo melalui Tokopedia sebagai sarana promosi UMKM yang saat ini semakin diminati oleh pelanggan.
“Kota Medan, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, dan Kab. Sidoarjo tercatat sebagai beberapa daerah dengan jumlah penonton Tokopedia PLAY tertinggi selama semester I 2023,” ungkap Melissa.
Pemilik Usaha Onde-Onde Njonja Moeda, Debby Natalia juga mengatakan, salah satu kunci agar bisa sukses berjualan online di Tokopedia adalah dengan terus berinovasi serta konsisten memanfaatkan beragam fitur demi mendongkrak penjualan.
“Lewat kanal live streaming Tokopedia PLAY, para pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk saya, punya kesempatan yang sama untuk memasarkan produk dengan lebih interaktif kepada para pelanggan kami,” kata Debby.
STEVY WIDIA
Discussion about this post