youngster.id - Resto Padang Payakumbuah berhasil menjadi resto dengan pertumbuhan bisnis tercepat di GoFood pada kategori Masakan Padang.
Arief Muhammad, pemilik Padang Payakumbuah mengungkapkan, pihaknya memilih GoFood sebagai sebagai satu-satunya platform Online Food Delivery (OFD) selama dua tahun sejak awal berdiri.
“Dari sudut pandang mitra, GoFood sebagai karya anak bangsa yang konsisten berjuang untuk Indonesia memiliki nilai yang sejalan dengan semangat Padang Payakumbuah yang juga ingin berjuang dalam melestarikan cita rasa kuliner Indonesia. Kami berharap, kolaborasi ini dapat berjalan semakin baik lagi ke depannya,” kata Arief, dikutip Sabtu (7/12/2024).
Sejak bergabung dengan ekosistem GoFood pada 2022, Padang Payakumbuah tercatat telah mengalami pertumbuhan bisnis di GoFood sebesar 1300%, atau 2 kali lebih cepat dibanding rata-rata pertumbuhan Rumah Makan Padang lainnya.
Padang Payakumbuah yang secara daring hanya dapat dipesan di GoFood adalah total kilometer pengantaran pesanan oleh mitra driver Gojek yang telah mencapai 1 juta kilometer, atau setara dengan melintasi Sabang sampai Merauke hingga 213 kali. Di samping itu, data internal GoFood juga menemukan bahwa menu favorit yang paling banyak dipesan oleh pelanggan adalah Dendeng Batokok Lado Merah dan Lado Hijau sebanyak 130.000 porsi. Kalau ditumpuk, tingginya bisa setara dengan 20 kali tinggi Monumen Nasional (Monas).
Sovan Komar Ganguly, Head of Sales Gojek menyampaikan, GoFood sejak awal berkomitmen untuk menjadi mitra terbaik bagi para pemilik usaha untuk mengembangkan bisnisnya.
“Padang Payakumbuah merupakan mitra usaha yang aktif dalam mengikuti program kolaborasi yang komprehensif bersama GoFood. Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan para mitra usaha di ekosistem GoFood. Harapannya, ke depannya kami dapat terus mendukung semakin banyak mitra usaha untuk berkembang melalui ragam kolaborasi yang semakin solid dan intensif,” kata Sova.
Menurut Sovan, ragam dukungan GoFood dalam mendorong pertumbuhan mitra usaha di ekosistem terbagi menjadi tiga pilar utama. Pertama, Pilar Inovasi Teknologi; berisi ragam upaya dalam hal teknologi untuk mempermudah operasional resto sehari-hari, seperti dalam beriklan, melakukan promosi, maupun mengelola keuangan usahanya.
Kedua, Pilar Visibilitas Usaha; berisi ragam upaya untuk meningkatkan awareness terkait brand/merek resto kepada target pasar. Contohnya pemasangan iklan pada aplikasi GoFood. Ketiga, Pilar Strategi Promosi; berisi ragam program untuk meningkatkan transaksi melalui promosi yang terarah. Contohnya dengan aktivasi diskon pada menu-menu di resto.
“Ketiga pilar tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan secara tepat guna, sesuai dengan kebutuhan serta profil bisnis masing-masing mitra usaha. Ragam dukungan tersebut juga dapat tereksekusi dengan optimal, tak lepas dari kontribusi tim Sales GoFood yang terlatih, berpengalaman, sehingga konsisten mendorong layanan konsultatif berbasis data,” tutup Sovan.
HENNI S.