Rinna, Bot Milik Microsoft Sudah Punya 1,6 Juta Teman

LINE dan Microsoft, menggabungkan teknologi dan kreativitas dalam Rinna. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Di Indonesia, Microsoft yang bermitra dengan LINE, mengembangkan sebuah cognitive AI yang dibuat layaknya seorang gadis sekolah bernama Rinna. Hingga akhir Maret, Rinna telah membawa hubungan fungsional dan emosional dengan 1,6 juta orang di Indonesia.

Percakapan yang Rinna lakukan dengan penggunanya berkisar dari saran tentang kegiatan apa yang harus dilakukan hari ini hingga bersenang-senang bersama dengan permainan yang menarik.

“Saya sangat yakin ini akan menjadi abad untuk Asia. Dan AI menawarkan kepada wilayah ini sebuah peluang yang belum pernah ada sebelumnya untuk pertumbuhan, produktivitas, dan inovasi serta potensi untuk menjawab tantangan-tantangan sosial yang sangat penting di wilayah ini,” kata Haris Izmee, Direktur Utama Microsoft Indonesia dalam keterangannya belum lama ini di Jakarta.

Dengan menggunakan algoritme pembelajaran mesin yang canggih termasuk teknologi kognitif, tanggapan Rinna mencerminkan apa yang akan dikatakan seorang gadis remaja dalam membantu temannya – hal ini akan mendorong pengguna untuk menjadi lebih cerdas secara emosional.

“Selama 23 tahun terakhir, Microsoft Indonesia telah bermitra dengan pemerintah dan organisasi nirlaba di Indonesia untuk membantu generasi muda mengembangkan keterampilan digital mereka. Hal ini akan terus dilaksanakan untuk memastikan generasi muda Indonesia dapat menciptakan kelompok yang kuat dengan kemampuan sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan teknologi dan lembaga penelitian untuk memajukan kemampuan AI di Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan di Asia secara keseluruhan,” pungkas Haris.

Baca juga :   Microsoft Siap Kembangkan Kecerdasan Artifisial di Indonesia

FAHRUL ANWAR