Roadmap E-Commerce Jadi Kekuatan Digital Ekonomi

Aplikasi e-commerce Indonesia unggul. (Foto : Ilustrasi/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Pemerintah mengeluarkan peta jalan (roadmap) bagi industri e-commerce nasional. Dengan peta jalan tersebut, mampu mempercepat pertumbuhan industri e-commerce nasional dan membawa industri tersebut menjadi kekuatan digital ekonomi di Indonesia. Langkah tersebut diapresiasi sejumlah pelaku e-commerce.

“Roadmap yang dibuat oleh pemerintah ini akan membantu percepatan e-commerce di Indonesia baik percepatan secara bisnis dan industri maupun perlindungan e-commerce di Indonesia. Hal ini akan memiliki dampak sangat positif bagi sistem transaksi, sistem keamanan belanja online, serta perkembangan investasi e-commerce asing dan lebih menjamin perlindungan terhadap investor lokal,” kata Riyeke Ustadiyanti, Pendiri iPaymu, melalui keterangan resmi, Selasa (26/4).

Ada tujuh hal yang diatur dalam peta jalan e-commerce Indonesia yaitu mengenai logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan sumber daya manusia, serta cyber security.

Hadirnya peta jalan ini menurut Riyeke akan menjadi panduan untuk mengubah kebiasaan lama masyarakat dan pelaku industri e-commerce.

“Peta jalan kami harapkan akan bisa mempengaruhi perilaku pelaku industri e-commerce Indonesia karena ini akan menjadi bagian penting terhadap upaya untuk menjadi media influencer bagi sebuah kebiasaan atau habit baru,” kata Riyeke.

“Di sini diperlukan sebuah gerakan atau kebiasaan untuk memberikan pemahaman bagaiaman seharusnya e-commerce yang baik itu,” imbuhnya yang juga Wakil Ketua Umum Bidang Perencanaan dan Perancangan Asosiasi Indonesia E-Commerce (idEA).

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : Stevy Widia