Ruangguru Telah Bantu 15 Juta Pelajar di Indonesia

youngster.id - Perusahaan rintisan teknologi pendidikan, Ruangguru memasuki usia 5 tahun. Kini jumlah pengguna aktifnya telah mencapai 15 juta siswa dan 300 ribu guru di seluruh Indonesia. Aplikasi Ruangguru juga memperoleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Indonesia, dengan rating 4.7 dari 5.

“Kami sangat bersyukur dengan segala pencapaian yang berhasil kami raih di tahun kelima ini, Kami bangga dapat mempertahankan posisi Ruangguru sebagai bimbingan belajar (bimbel) online terbesar di Indonesia saat ini. Hal ini tidak lepas dari kerja keras dan dukungan seluruh karyawan Ruangguru di seluruh Indonesia yang kini berjumlah 2000 pegawai dan kami akan terus berinovasi untuk membantu pelajar dalam meningkatkan prestasi,” ucap Belva Devara, Pendiri dan CEO Ruangguru kepada media, Rabu (10/7/2019) di Jakarta.

Dia juga dengan bangga mengungkapkan, bahwa aplikasi Ruangguru juga memeroleh rating tertinggi untuk aplikasi belajar di Google Playstore, dengan rating 4,7 dari 5.

“Aplikasi Ruangguru telah banyak mengalami perubahan dari tahun lalu. Kami banyak membuat inovasi baru untuk pengguna. Dari yang sebelumnya aplikasi bimbel (bimbingan belajar) online terbesar kini menjadi aplikasi belajar terbesar di Indonesia,” ujar Belva.

Tak puas dengan itu, Ruangguru menghadirkan inovasi lewat empat fitur terbaru yaitu Bank Soal, Ruangguru Adventure, Live Teaching, dan Discussion Forum. Belva menjelaskan, fitur Bank Soal mengubah wajah aplikasi Ruangguru dari semula seperti perpustakaan dengan video-video belajar, kini dilengkapi dengan contoh soal ujian dari tahun ke tahun untuk menjadi referensi pelajar.

Fitur ini menggunakan sistem pintar atau smart recommendation, yang dapat merekam seluruh kegiatan pengguna secara otomatis dalam aplikasi, dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan siswa tersebut. Dari data tersebut, aplikasi dapat merekomendasikan produk atau fitur yang paling sesuai dengan pengguna.

Sementara itu, Ruangguru Adventure merupakan gamifikasi proses pembelajaran dalam aplikasi Ruangguru. Melalui fitur ini, pengguna dapat bermain sambil belajar, dan berpeluang mendapatkan sejumlah poin yang dapat ditukar dengan produk digital dalam aplikasi.

“Gamifikasi ini terbukti meningkatkan engagement cukup tinggi pengguna aplikasi kami. Dengan memainkan gim sebenarnya pengguna juga sedang belajar. Proses belajar menjadi menyenangkan,” ungkapnya.

Fitur lainnya adalah Live Teaching yang menyiarkan secara langsung pemaparan dari guru lewat aplikasi. Pengguna dapat langsung melakukan tanya jawab melalui fitur chat yang ada di dalamnya.

Fitur terakhir adalah Discussion Forum, yang menjadi ruang diskusi antarpelajar pengguna mengenai topik tertentu. Forum diskusi ini turut dimoderatori oleh pengajar.

Perusahaan yand berdiri pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman saat ini memiliki 2.000 pegawai dan juga memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat. Ruangguru telah dipercaya oleh 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Ruangguru juga menjadi salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia Google Play User’s Choice Award 2018.  

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version