SCG Dorong Pertumbuhan Foreign Direct Investment di Indonesia

SCG gelar Investment Forum 2017 di Jakarta. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - SCG mengajak para pemangku kepentingan untuk turut memberikan peran penting dan kontribusi terhadap Investasi Langsung Asing (FDI) di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam forum diskusi komprehensif, Investment Forum 2017 yang dihadiri lebih dari 200 peserta dari badan pemerintah, mitra bisnis, pelanggan, dan perbankan.

“Kami percaya bahwa investasi SCG di Indonesia telah mendukung fokus pemerintah dalam mewujudkan Investasi Luar Negeri. Kami juga berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara dalam jangka panjang. Selain itu, di forum hari ini, saya juga ingin mengajak semua pemangku kepentingan termasuk mitra bisnis kami, untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia seiring dengan percepatan infrastruktur yang digalangkan pemerintah dan peningkatan proyek investasi swasta yang merupakan pendorong utama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pemimpin ekonomi di Asia Tenggara,” papar Nantapong Chantrakul Country Director SCG Indonesia mengutarakan pendapatnya mengenai FDI di Indonesia,

Menurut dia, Indonesia memiliki potensi untuk dapat menjadi negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia pada tahun 2030. Sebagai konglomerat industri terkemuka yang terus mengembangkan bisnisnya di ASEAN, SCG menyadari bahwa setiap pemangku kepentingan harus berupaya lebih keras dalam mendukung serta menyukseskan fokus pemerintah dalam memperbaiki infrastruktur negara demi peningkatan ekonomi nasional.

Pathama Sirikul – President Director PT SCG Indonesia menjelaskan mengenai komitmen SCG dalam hal kontribusi sosial,SCG Sharing the Dream adalah program CSR unggulan SCG. Melalui program CSR ini, SCG memberikan akses dan kesempatan untuk pendidikan yang lebih baik kepada para siswa di negara-negara ASEAN dimana SCG beroperasi. Melalui program ini, SCG telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 6.000 siswa SMA di seluruh ASEAN, dimana SCG beroperasi setiap tahunnya.

“Di Indonesia, SCG Sharing the Dream telah diselenggarakan sejak 2012 dan berhasil menyediakan lebih dari 1.900 beasiswa untuk pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas di Indonesia. Kami dengan senang hati mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, yang akan menjadi pendorong utama kemajuan bangsa di masa depan, dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Berbicara mengenai realisasi Investasi Langsung Asing, menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM), FDI di Indonesia menyumbang angka bagi Laju Pertumbuhan Majemuk Tahunan (Compound Annual Growth Rate atau CAGR) sebesar 14,6% selama 2012-2016 dan diperkirakan akan terus tumbuh, sesuai dengan fokus utama pemerintah Indonesia untuk mendongkrak pembangunan di beberapa sektor, termasuk infrastruktur dan properti.

“Untuk mendorong realisasi investasi asing di Indonesia, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan serangkaian Paket Kebijakan Ekonomi, yang diharapkan dapat dirasakan oleh para pebisnis di Indonesia dalam hal kemudahan, percepatan dan kepastian perizinan investasi serta memfasilitasi permasalahan investasi yang sering muncul, sehingga kami percaya kebijakan ini akan membantu mempercepat realisasi investasi,” tutur Farah Ratnadewi Indriani, Deputi Pengembangan Iklim BKPM, saat menyampaikan sambutannya sebagai keynote speaker pada Investment Forum 2017.

Forum diskusi ini bertujuan Forum ini diprakarsai oleh SCG berdasarkan fakta bahwa FDI telah meningkat secara signifikan secara global, terutama di Indonesia dalam beberapa dekade terakhir.

Sejalan dengan fokus pemerintah, SCG telah berinvestasi di Indonesia sejak tahun 1995. Di tahun 2016, aset SCG di Indonesia mencapai USD 1,4 Juta, yang berada dalam tiga unit bisnis inti: cement-building materials, chemicals, dan packaging.

STEVY WIDIA

Exit mobile version