SDM Jadi Kunci Menuju Pariwisata 4.0

Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Kempar/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan teknologi telah mengubah perilaku pasar, termasuk di dunia pariwista. Pergeseran ke arah digital telah melahirkan industri 4.0. Untuk itu kunci stategi besar dalam pariwista era industri 4.0 adalah sumber daya manusia (SDM).

Hal itu diungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata I Tahun 2019 bertema Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDT) 4.0: Transforming Tourism HR to Win The Global Competition in The Industry 4.0 Era belum lama ini di Jakarta.

Menurut Arief, industry pariwisata era 4.0 ditujukan bagi wisatawan milenial. Hal itu ditandai dengan perubahan perilaku yang cenderung individual. Wisman milenial China yang awalnya dikenal sebagai group tourism, saat ini lebih banyak jadi individual traveler.

Sekitar 70% wisman China adalah individual dengan usia 15-23 tahun sebanyak 23 persen. Kelompok wisatawan milenial saat ini mendominasi negara-negara sumber wisman dunia,” ujar Arief dalam keterangannya.

Saat ini banyak negara telah menyiapkan pengembangan pariwisata era 4.0 di antaranya yang paling sukses adalah Spanyol dan jadi benchmarking. Spanyol telah menerapkan pariwisata 4.0 di beberapa destinasi utamanya dengan membangun ekosistem digital.

“Dalam melakukan transformasi saya menggunakan rumus 3C. C yang pertama dan yang paling penting adalah CEO Commitment,” katanya lewat siaran pers baru-baru ini.

Selanjutnya menurut Menpar, C yang kedua adalah competence (kompetensi), sementara C yang terahir disebut adalah champion keys atau, sebagaimana disebutkan Arief, sebagai change agent (agen perubahan).

Sedangkan, enam program yang dimaksud guna meraih pariwisata 4.0 adalah pemetaan digital di industri pariwisata di Indonesia, pemetaan kompetensi, kurikulum, dan metode pembelajaran dan sertifikasi WIDT 4.0, juga kerja sama linkand match antara Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan industri di bidang pengembangan kompetensi digital.

Lalu, program pengembangan dan pembinaan SDM desa wisata dengan PTNP, kerja sama pengembangan start up pariwisata dan industri kreatif di berbagai destinasi wisata, terakhir, pengembangan dan pelatihan WIDI (Wonderful Indonesia Digital) Champion.

STEVY WIDIA

Exit mobile version