Serbu Easy, Kontribusi Kao Indonesia Untuk Kewirausahaan Perempuan

Pogram Serbu Easy dari PT Kao Indonesia. (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) senantiasa meningkat di Indonesia. Peluang bisnis terbuka untuk siapa saja, termasuk untuk kaum perempuan.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2013, jumlah Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia telah mencapai angka 57,9 juta. Menariknya, The Asia Foundation (2013) juga mengungkapkan bahwa 23% dari UKM di Indonesia dimiliki oleh kaum perempuan dan angka tersebut terus meningkat hingga 8% setiap tahunnya.

Melihat besarnya jumlah UKM yang dimiliki kaum perempuan di Indonesia, Easy dari PT Kao Indonesia berkontribusi untuk mengembangkan semangat kewirausahaan perempuan. Para wanita terutama ibu rumah tangga dapat menciptakan peluang bisnisnya sendiri melalui program Serbu Easy (Seribu Ibu Easy).

“Kami optimis melihat pertumbuhan industri UKM di Indonesia dan pemberdayaan wanita di masa kini, kami berinisiatif untuk berkontribusi mengembangkan semangat kewirausahaan kaum wanita di Indonesia melalui program Serbu Easy. Kami berharap para ibu Easy juga mendapat inspirasi dan penghasilan lebih untuk merayakan Lebaran bersama keluarga,” kata Evie Hartanto, Associate Senior Brand Manager Fabric Home Care PT Kao Indonesia, Selasa (21/6/2016) di Jakarta.

Baca juga :   Teknologi AI Jadi Tren Terdepan Tahun 2017

Serbu Easy memberdayakan lebih dari 1.000 ibu rumah tangga yang tersebar di 21 kecamatan di area DKI Jakarta. Program ini diawali dengan pemilihan 21 ibu-ibu sebagai ketua penggerak di kecamatannya masing-masing. Mereka kemudian mengajak para ibu rumah tangga di sekitar wilayah RT/RW dalam kecamatannya untuk berkumpul bersama dan menjadi Agen Serbu Easy.

Easy mengeksplorasi keyakinan ibu–ibu untuk dapat berkontribusi lebih baik bagi keluarga maupun dalam sebuah komunitas. Selain dilatih untuk menjadi pemimpin dan aktif dalam komunitas dengan kemampuan bernegosiasi dan public speaking, Seribu Ibu Easy ini juga dibekali ini dengan keterampilan kreatif dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang seperti bungkus bekas deterjen Easy yang dikreasikan menjadi barang-barang kerajinan tangan, serta berbagai kreativitas lainnya dalam rangka menyambut Hari Raya.

“Saya senang telah mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari Serbu Easy. Melalui program ini saya dapat belajar banyak hal baru. Sekarang saya sudah semakin terampil untuk membuat tas lipat dan membuat tampilannya menjadi semakin menarik untuk dijual. Lebaran tahun ini, dengan pelatihan ini saya juga menjadi semakin percaya diri dalam mempromosikan dagangan saya ke tetangga sekitar. Hasil penjualan nya akan sangat membantu kebutuhan ekonomi keluarga saya yang biasanya semakin membesar karena banyaknya pengeluaran,” ungkap Ibu Siti Patimah, salah satu agen Serbu Easy.

Baca juga :   2020, Kominfo Targetkan 8 Juta UKM Go Online

Program Serbu Easy ini merupakan bagian dari rangkaian promosi dari brand Easy, yang sejak Oktober 2015. “Sejalan dengan tujuan utama dari program Serbu Easy, kehadiran deterjen cair Easy diharapkan dapat membuat para ibu rumah tangga bisa lebih cepat menyelesaikan pekerjaan rumah tangganya sehingga mereka memiliki banyakwaktu luang untuk menciptakan peluang bisnisnya sendiri” tutup Evie Hartanto.

STEVY WIDIA