Setelah 8 Tahun, Blibli.com Terus Perkuat inovasi

Menkominfo Rudiantara menghadiri Blibli 8th Anniversary Jumat (26/7/2019) di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Selama delapan tahun kehadirannya, Blibli.com konsisten untuk memperkuat bisnisnya melalui inovasi produk dan peningkatan kualitas layanan. Mulai dari penambahan gudang penyimpanan di kota-kota besar, sistem pembayaran yang aman, kualitas layanan pelanggan selama 24 jam, dan peleburan bisnis online dan offline.

Data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menunjukkan bahwa penjualan online menyumbang hingga 3% pendapatan industri ritel per 2019. Ini menunjukkan bahwa pelaku e-commerce memiliki peluang untuk meningkatkan peran dan kontribusinya.

Kusumo Martanto, CEO Blibli.com mengatakan, Inovasi dan peningkatan kualitas dilakukan agar bisnis serta ekosistem e-commerce dapat mencapai potensi mereka.

Perkembangan bisnis Blibli.com secara year-on-year (yoy) di Juni 2019 menunjukkan peningkatan yang tercermin dari performa ke-16 kategori. Bliblimart, kategori untuk kebutuhan sehari-hari, mengalami pertumbuhan merchant partner hingga 250% dan peningkatan pemesanan hingga 400% di semester pertama 2019. Kategori khusus produk UMKM lokal, Galeri Indonesia, mengalami peningkatan merchant partner hingga 250% dan penambahan produk hingga 380% di semester pertama 2019.

“Kami memulai bisnis ini dengan sederhana, kini kami telah berkembang menjadi mal online terkemuka di Indonesia. Turut mendorong perekonomian dan mengembangkan ekosistem digital merupakan kontribusi yang kami ingin terus lakukan. Misi Blibli.com ke depannya adalah membantu membangun masyarakat cashless serta pemberdayaan sumber daya manusia,” kata Kusumo, pada Press Conference Blibli 8th Anniversary, Jumat (26/7/2019) di Hotel Santika, Jakarta.

Dia memaparkan, di tahun 2019, Blibli.com telah bekerja sama dengan berbagai mitra dan layanan pembayaran. Para pelanggan dapat melakukan transaksi melalui puluhan bank, mitra pembayaran online dan offline, serta layanan pembayaran elektronik dan cicilan non-kartu kredit.

Sistem pembayaran menjadi elemen penting sejak Blibli.com menerapkan strategi omni-channel yang mengintegrasikan saluran online-to-offline (O2O) untuk pemasaran dan penjualan. Sejak 2018, Blibli.com telah menghadirkan berbagai fitur O2O seperti Blibli InStore, Click & Collect, Tukar Tambah, dan Virtual Reality untuk test drive mobil.

Selain Galeri Indonesia, kategori fesyen Blibli.com juga turut mengembangkan bisnis lokal. Sekira 50% brand fesyen yang ada di kategori tersebut merupakan karya desainer-desainer Indonesia. Kategori ini juga menyesuaikan dengan tren pasar fesyen Indonesia khususnya modest wear.

Inovasi dan program yang ditawarkan oleh Blibli.com menunjukkan perannya sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi digital nasional. Selain memberikan dampak positif terhadap pemberdayaan masyarakat luas, Blibli.com juga terus menghadirkan berbagai inisiatif yang membuat pengalaman berbelanja online semakin menyenangkan, nyaman, dan efisien, serta terus mengembangkan bisnis bagi para mitra usaha.

“Sebagai perusahaan teknologi, Blibli.com juga bertekad untuk mengambil peran penting dalam menciptakan sumber daya yang berkualitas dan ketersediaan lapangan kerja. Komitmen ini akan direalisasi melalui program-program pengembangan anak-anak muda untuk industri teknologi.

“Pelajar dengan latar belakang teknologi dan informasi atau TI akan menjadi tulang punggung perusahaan seperti Blibli.com. Kami akan menerapkan program khusus untuk pengembangan mahasiswa TI selama 1,5 tahun. Selain itu, bertepatan dengan hari jadi kedelapan, Blibli.com juga bekerja sama dengan UNICEF dalam program ‘Back to School’ yang memastikan anak-anak Indonesia untuk tetap bersekolah,” kata Kusumo lagi.

Merayakan ulang tahun kali ini, Blibli.com memberikan apresiasi kepada pelanggannya melalui sejumlah promo dan hadiah menarik. Program spesial ini di antaranya adalah potongan harga 88% dan ekstra diskon hingga Rp888 ribu selama 8 hari (24 – 31 Juli 2019), flash sale, hingga ekstra diskon 8% dari mitra perbankan.

Blibli.com juga memberikan kesempatan kepada pelanggannya untuk memenangkan hadiah berupa 1 unit apartemen, 8 mobil, 8 sepeda motor dan 8 paket wisata menarik. Caranya adalah dengan mengikuti permainan (game) “Gemetar” selama periode 1 Juli – 30 September 2019.

STEVY WIDIA

Exit mobile version