Setiap Bulan 23 Ribu Perangkat Android Hilang

Setiap bulan 23 ribu perangkat Android hilang (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Berdasarkan statistik Kaspersky Lab, fitur Anti-Theft pada Kaspersky Internet Security untuk produk Android dijalankan rata-rata 1,5 kali setiap menit, dan rata-rata sebanyak 23.000 perangkat Android dilaporkan hilang atau dicuri dalam sebulan.

“Angka-angka ini menunjukkan skala jumlah perangkat yang akan hilang – terutama angka 23.000 hanyalah perangkat Android yang dilengkapi dengan fitur Anti-Pencurian Kaspersky Lab yang menyala! Adalah penting untuk melakukan perlindungan pada perangkat terhadap ancaman yang mungkin dihadapi. Dengan perlindungan Anti-Theft yang begitu mudah digunakan dan tersedia, saran kami untuk semua pengguna adalah mempertimbangkan melindungi perangkat mereka dan tetap dapat menikmati aktivitas sehari-hari,” kata Dmitry Aleshin, VP untuk Pemasaran Produk, Kaspersky Lab.

Menurut Aleshin, Kaspersky Lab sendiri selalu memperingatkan orang-orang untuk menjaga tangkapan kamera mereka yang berharga dengan hati-hati, karena jika tidak, lebih buruknya foto-foto tersebut akan menambah daftar barisan kehilangan dan pencurian.

Studi lain oleh Kaspersky Lab telah menunjukkan bahwa secara keseluruhan, 4% orang di seluruh dunia pernah kehilangan perangkat atau setidaknya telah sekali mengalami pencurian. Terlebih lagi, hampir dari setengah (57%) dari orang-orang tersebut pernah kehilangan perangkat Androidnya, diikuti oleh komputer laptop (29%) dan Apple iPhone (21%). Lebih mengkhawatirkan lagi, rata-rata perangkat yang hilang atau dicuri dapat dihargai mencapai hingga US$ 485.

Baca juga :   Cyberinc Masuk Pasar Indonesia, Janji Tangkal Serangan Siber

Penelitian konsumen Kaspersky Lab menyebutkan, satu dari lima (18%) orang mengatakan foto dan video perjalanan adalah data paling penting yang disimpan pada gawai mereka, bahkan mengalahkan data lainnya. Namun dalam penelitian lanjutan, sebanyak 28% responden mengatakan bahwa jika terjadi kehilangan perangkat baik karena dicuri atau sebab lain, mereka tidak bisa mendapatkan kembali foto-foto liburan berharganya.

 

FAHRUL ANWAR