Shopee Alami Peningkatan Transaksi Selama Ramadan

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (paling kiri) dan Rezki Yanuar (Shopee) (Foto: shopee/youngster.id)

youngster.id - Momen Ramadhan memiliki pengaruh terhadap perilaku belanja online masyarakat yang semakin meningkat. Perubahan perilaku konsumen ini juga terlihat dari peningkatan belanja di Shopee. E-commerce ini mengklaim di awal minggu Ramadhan 2019 meraih peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat pasca penerimaan THR mendatang. Untuk menjawab antusiasme penggunam Shopee hadirkan promo Pasti Lebih Besar di Puncak Big Ramadhan Sale pada 24 Mei mendatang.

“Perubahan tren belanja dan konsumsi masyarakat pada momen Ramadhan memang mengalami peningkatan yang signifikan yang turut dirasakan oleh Shopee. Kami juga mengapresiasi respon positif masyarakat terhadap kampanye – kampanye Shopee sehingga terpilih sebagai e-commerce favorit untuk membelanjakan THR-nya berdasarkan hasil survei yang dilansir Snapcart pada awal bulan ini,” kata Handhika dalam keterangannya, Rabu (22/5/2019) di Jakarta.

Dia memaparkan, beberapa fakta menarik dan hasil pencapaian di awal minggu Big Ramadhan Sale 2019 di Shopee. Seperti peningkatan trafficpada pagi hari pukul 03.00-05.00 hingga 4 kali lipat dibandingkan hari biasa. Selain itu, inovasi in-app game Goyang Shopeealami peningkatan sebesar 3 kali lipat pada Super Goyang Day di 23 April dan 7 Mei dibandingkan hari biasa.

“Antusiasme pengguna juga meningkat pada Serba 10 Ribu dan hadiah paket umroh terlihat dengan tercatatnya lebih dari 3 juta partisipan dalam Serba 10 Ribu,” ujarnya.

Handhika juga menyebut tiga kategori terpopuler adalah Fashion Muslim, Kecantikan dan Pakaian Wanita.  Kategori Fashion Muslim menjadi salah satu yang paling diminati. Terbukti adanya kenaikan pembelian lebih dari 2 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Sementara itu Nailul Huda, Peneliti dari Center of Innovation and Digital Economi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengatakan, Ramadan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku eCommerce untuk meningkatkan nilai transaksi.

“Tahun ini, INDEF memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumsi masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun terlihat dari nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan yang selalu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk menyambut kemeriahan di tanggal 24 Mei, Shopee juga akan menghadirkan Shopee Big Ramadhan Sale TV Show di tanggal 23 Mei 2019 jam 19.00 hanya di ANTV & SCTV dan pengguna akan mendapatkan bonus voucher belanja spesial

STEVY WIDIA

Exit mobile version