ShopeePay Gelar Seri Pelatihan Branding Gratis untuk UMKM

Shopeepay Batam

Pengguna ShopeePay di pusat UMKM Nagoya Food Court Batam. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Layanan pembayaran digital ShopeePay bersama ukmindonesia.id menghadirkan pelatihan branding dari seri pelatihan virtual gratis yang diperuntukan bagi para pelaku UMKM. Seri pelatihan ini merupakan kelanjutan dari peluncuran buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Lala Eka Nilam mengatakan, UMKM merupakan tulang punggung dan roda penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data dari survei Bank Indonesia, ada sekitar 87,5% dari jumlah UMKM di Indonesia yang terdampak selama periode pandemi.

“Oleh karena itu, sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin menghadirkan dukungan berupa seri pelatihan UMKM gratis yang bisa menjadi sarana berbagi ilmu dan informasi mengenai cara mengembangkan bisnis. Dengan menggandeng ukmindonesia.id, kami ingin mengantarkan UMKM di seluruh Indonesia untuk dapat naik kelas dan tumbuh ke tingkat selanjutnya,” kata Lala dalam keterangan tertulis Selasa (26/7/2022).

Menurut Lala, untuk mendukung UMKM dari sektor mikro semakin bertumbuh dan berdaya di era digital, kini ShopeePay pun menghadirkan fitur Transfer ShopeePay yang berguna bagi pelaku usaha yang belum memiliki gerai offline dan masih mengandalkan media sosial atau metode transfer untuk kebutuhan transaksinya.

Fitur Transfer ShopeePay memungkinkan konsumen UMKM dapat menikmati layanan transfer bank tanpa biaya admin atau batas kuota transfer setiap harinya, dan langsung sampai ke sesama pengguna ShopeePay dan berbagai rekening bank. Selain itu juga ada berbagai fitur seperti ShopeePay Sekitarmu dan Upload QRIS dari Galeri Ponsel.

Di awali dengan pelatihan mengusung topik ‘Rumus Membangun Branding untuk Perluas Pasar secara Digital’ yang menghadirkan Samuel Alexander selaku trainer dan brand consultant dari ukmindonesia.id dan Maulana Hakim selaku CEO TEGUK Indonesia.

Samuel mengungkapkan, ada tiga konsep utama yang harus dipahami setiap pelaku usaha apabila ingin membangun konsep branding yang efektif dan tepat sasaran. Salah satunya adalah dengan merancang konsep yang unik dan orisinil.

Salah satu ciri usaha yang sukses adalah usaha yang memiliki konsep bisnis ataupun branding yang unik dan orisinil. Konsep tersebut sebaiknya dirancang untuk menyampaikan pesan positif atau menimbulkan perasaan senang ketika dihadapkan dengan konsumen, sehingga produk atau jasa yang dijual akan diasosiasikan dengan hal yang positif dan memiliki daya ikat yang kuat di pasar,” katanya.

Dalam pelatihan ini juga dijelaskan berbagai manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku UMKM ketika masuk ke dalam ekosistem digital melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version