Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Sinyal Belanja Konsumen Jelang Ramadan Naik

27 Maret 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
belanja

Aktivitas masyarakat di pusat perbelanjaan. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Memasuki tahun kedua Ramadan selama pandemi, masyarakat masih membatasi pelaksanaan sejumlah tradisi dan ritual Ramadan. Laporan hasil survei NeuroSensum Annual Ramadan Spending Tracker 2021 mengungkapkan 66%  masyarakat merasakan ritual Ramadan yang paling berdampak adalah pelaksanaan Tarawih di masjid.

“Di tahun ini masyarakat kita sudah lebih bisa memahami apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan selama Ramadan. Masyarakat mulai beradaptasi mencapai ‘keseimbangan’ antara mencegah penularan Covid-19 dan melakukan perayaan atau tradisi sederhana di bulan Ramadan nanti.” ungkap Rajiv Lamba , CEO NeuroSensum & SurveySensum dalam siaran pers Jumat (26/3/2021).

Lebih dari itu, NeuroSensum Annual Ramadan Spending Tracker – 2021 melakukan wawancara kepada 500 responden di 5 kota besar di Indonesia bagaimana COVID-19 mempengaruhi perayaan Ramadan mereka. Survei tersebut dilakukan pada Februari lalu saat mereka tengah merencanakan belanja Ramadan untuk memahami belanja dan kebiasaan bertransaksi.

Baca juga :   Lebaran Tanpa Mudik Trafik Data XL Axiata Naik 35%

Meski sudah setahun hidup dalam pandemi, 62% konsumen masih khawatir dengan penyebaran Covid-19. Karena itulah Ramadhan tahun ini alih-alih melaksanakan shalat Taraweeh di masjid, mereka lebih memilih melakukannya di rumah dengan keluarga inti.

Selain itu mayoritas masyarakat sudah mulai merencanakan belanja Lebaran 2021 sejak Maret 2021. Sekitar 41% konsumen berbelanja satu bulan sebelum Ramadan, yaitu untuk barang keperluan sehari-hari dan fesyen. Di 2-3 bulan sebelum Ramadhan, 25%masyarakat sudah membeli tiket mudik dan 13 % lainnya memutuskan baru akan berbelanja selama bulan Ramadhan. Di luar itu, terdapat 10 persen masyarakat yang merasa tidak berbelanja sama sekali untuk Ramadhan tahun ini.

“Meskipun pandemi berdampak berbeda pada setiap orang, rencana perjalanan untuk Ramadan 2021 tetap tenang untuk hampir semua orang. Sementara 38 persen konsumen akan bepergian untuk mudik, 45% konsumen tidak akan bepergian sama sekali. Selain itu, meski mereka akan merayakan Ramadan dengan sedikit lebih layak disbanding tahun lalu, mereka akan memiliki beberapa batasan. Misalnya, 31 % konsumen tidak akan bersosialisasi dengan teman atau keluarga dan 27%  tidak akan makan sahur di luar rumah,” ungkap Rajiv.

Baca juga :   Orang Indonesia Berbelanja di Waktu Kerja

“Penggunaan saluran online telah meningkat sejak tahun lalu. Beberapa perusahaan e-commerce pun mengatakan bahwa banyak hal yang mereka harapkan terjadi dalam empat tahun ke depan telah terjadi dalam satu atau dua tahun terakhir di Indonesia. Pandemi ini mempercepat akselerasi trafik saluran online karena seluruh transformasi digital yang seharusnya terjadi dalam lima tahun ke depan telah terjadi dalam enam bulan,” pungkasnya.

 

 

FAHRUL ANWAR

Tags: NeuroSensum Annual Ramadan Speding Tracker 2021NeuroSensunramadan
Previous Post

Tren Digital Mendongkrak Mitra UMKM OVO Naik 95% pada 2020

Next Post

iSeller Luncurkan Fitur Integrasi Marketplace Bagi UMKM

Related Posts

Libur Lebaran 2025, Trafik Data XL Alami Lonjakan Didominasi Streaming Video
News

Libur Lebaran 2025, Trafik Data XL Alami Lonjakan Didominasi Streaming Video

9 April 2025
0
Indosat Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik
News

Indosat Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik

12 Maret 2025
0
transaksi Lazada
News

Belanja Rata Rata Orang Indonesia Lebih Tinggi Selama Ramadan

5 Maret 2025
0
Load More
Next Post
iseller

iSeller Luncurkan Fitur Integrasi Marketplace Bagi UMKM

travelio

Travelio Gandeng Developer Properti Untuk Lebarkan Bisnis

Sopir Uber Di Inggris Harus Diangkat Jadi Karyawan

Sopir Uber Di Inggris Harus Diangkat Jadi Karyawan

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version