SIRCLO Gandeng Smesco untuk Inisiasi Festival Panen Omset

SIRCLO Store

Tampilan fitur Cekatan yang ada di SIRCLO Store. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diketahui memiliki peran yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jenis usaha ini mampu menyerap 97% tenaga kerja nasional dan berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional sebesar 61%. Namun, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnisnya.

Untuk membantu para pelaku UMKM agar mampu bersaing dan bertransformasi di era digital, SIRCLO bekerjasama dengan Smesco menyelenggarakan Festival Panen Omset di 11 Kota di Indonesia. Festival Panen Omset adalah rangkaian program  edukasi dan pendampingan digitalisasi UMKM yang ditujukan untuk pelaku UMKM dari sektor bisnis manapun.

“Kolaborasi dengan Smesco ini membuat kami semakin yakin bahwa kreativitas UMKM Indonesia sangat potensial untuk terus bertumbuh dan jika didukung literasi digital yang mumpuni, akan memberikan impact yang sangat besar terhadap ekonomi nasional,” kata Ferry Tenka CEO of Entrepreneur Solutions SIRCLO dalam keterangan pers, Jumat (1/7/2022).

Menurut dia,  untuk membantu lebih banyak UMKM go online, di Festival Panen Omset ini, SIRCLO sekaligus secara resmi memperkenalkan fitur Cekatan (Check-Out Satu Halaman). Fitur baru dari SIRCLO Store yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online secara singkat dalam waktu kurang dari 5 menit. Dengan adanya fitur ini, para pelaku UMKM, terutama yang tidak menjual banyak produk, dapat menampilkan katalog produk dengan mudah walaupun tidak memiliki kemampuan coding maupun keahlian mendesain website. Para pelaku UMKM juga dapat memberikan pelanggannya kemudahan dan kenyamanan pada saat berbelanja melalui tampilan halaman checkout yang sederhana.

“Kami berharap dengan adanya fitur Cekatan di SIRCLO Store dan juga didukung dengan Festival Panen Omset ini, akan lebih banyak lagi usaha yang dapat naik kelasnya. Tidak hanya sebagai usaha mikro, kecil, menengah, kami ingin melihat berbagai produk yang dikelola oleh para pengusaha UMKM menjadi produk kebanggaan Indonesia, yang tidak hanya berhasil meraup omset di negara sendiri namun juga mampu membawa nama Indonesia di kancah global,” kata Ferry.

Festival Panen Omset terbagi atas tiga rangkaian kegiatan utama, yakni Workshop Cuan Bersama, Lomba Panen Omset, dan Pasar Panen Omset. Cuan Bersama merupakan kelas pendampingan serta pelatihan bagi UMKM untuk mempelajari dua solusi yang dapat membantu memfasilitasi penjualan online dengan fitur Cekatan dan Digital Marketing yang ada di SIRCLO Store. Para peserta Panen Omset akan mendapatkan akses penggunaan fitur Cekatan secara gratis. Tidak hanya itu, peserta program juga akan didampingi untuk mengenal berbagai fitur unggulan yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa penjualan mereka.

Setelah itu, untuk mempraktekkan bimbingan yang telah diberikan, peserta kemudian dapat mengikuti Lomba Panen Omset, sebuah kompetisi bisnis selama sebulan yang dirancang untuk mendorong UMKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka melalui digitalisasi. Para pebisnis yang berhasil dinobatkan sebagai pemenang akan berkesempatan untuk membawa pulang paket promosi bisnis dan berbagai dukungan usaha lainnya. Rangkaian program akan ditutup dengan Pasar Panen Omset, dimana para pelaku UMK dapat terhubung, mempromosikan dan menjual produk mereka ke masyarakat secara offline.

Direktur Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, sangat penting bagi UMKM untuk mencoba mandiri berjualan online dengan memiliki kanal toko online sendiri. Mudah-mudahan fitur toko online ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnis dan omsetnya.

“Kolaborasi Smesco Indonesia dengan SIRCLO ini telah menghasilkan pengembangan fitur khusus untuk teman-teman UMKM Smesco yang memang butuh tools pembuatan toko online yang ringkas, mudah, dan sederhana untuk berjualan online,” katanya.

Festival Panen Omset akan berlangsung dari bulan Juni hingga November 2022 dan diperkirakan akan mengundang partisipasi dari 10.000 pelaku UMKM di Indonesia. Para peserta Panen Omset juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total senilai Rp1 Miliar.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version