Situs Ini Dapat Mengidentifikasi Penipu Online

Tampilan laman Penipu.ID (foto : merdeka.com)

YOUNGSTER.id - Anda khawatir tertipu saat berbelanja online ? Apalagi diwajibkan untuk mentransfer sejumlah uang sebelum barang tersebut dikirim langsung ke depan pintu rumah kita. Kini hadir situs web bernama ‘Penipu.id,’ di mana website ini dapat membantu Anda dan para konsumen lain untuk mengidentifikasi apakah nomor ponsel serta nomor rekening milik seller adalah penipu atau bukan.

Website revolusioner yang dikembangkan oleh Yudhistira B.W dan Muhammad Ihsan ini memang tak bisa menghentikan aksi penipu dari menjalankan aksinya, namun diharapkan masyarakat jadi lebih mengerti bahwa penipu itu ada di mana-mana, dan kita dituntut jadi ‘smart buyer’ agar tak membuat celah dari kecanggihan teknologi untuk dimanfaatkan para penjahat.

Cara menggunakannya pun mudah, Jika Anda ingin berbelanja, tingal copy nomor rekening atau nomor ponsel seller di Penipu.id, jika rekening tersebut masuk daftar penjahat, Penipu.idakan memberitahukannya kepada Anda. Aplikasi ini dapat diakses melalui laptop, PC, maupun smartphone.

Aplikasi ini dapat meminimalisir kemungkinan kasus penipuan dalam berbelanja online, karena sang developer sudah mengumpulkan database dari berbagai sumber untuk membuat daftar ‘black list’ dari rekening para penipu.

Developer dari Penipu.id juga mengundang Anda dan konsumen lain yang pernah ditipu, untuk mengumpulkan bukti dan melaporkan kepada website melalui tautan yang telah mereka sediakan.

Penipu.id juga dilengkapi dengan fitur profil penipu yang diletakkan di kolom. Sehingga nama lengkap, alamat, serta akun sosial medianya juga terpampang di website mereka. Jadi bisa menghindarkan Anda dari “jebakan” penipuan online.

 

STEVY WIDIA