youngster.id - Di tengah pandemi virus Covid-19, Indonesia tetap menjadi salah satu pasar produk smartphone yang sedang berkembang di dunia. Laporan terbaru Counterpoint Research menyebut, brand ponsel pintar asal Tiongkok mendominasi 73,3% pasar di Indonesia.
Ada lima merek smartphone teratas, yaitu Vivo, Oppo, Samsung, Xiomi dan Realme. Mereka menyumbang 92,9% total penjualan ponsel pintar di Indonesia selama kuartal kedua 2020. Melalui strategi pemasaran yang agresif, mereka mendominasi pasar Indonesia.
Vivo tercatat memimpin pasar smartphone di Indonesia dengan pangsa pasar 21,2%, diikuti oleh Oppo 20,6%, Samsung 19,6%, Xiomi 17,9% dan Realme 13,6%. Hal itu membuat vendor asal Tiongkok ini total meraup 73,3% pangsa pasar.
Adapun katalis utama dalam kesuksesan Vivo adalah strategi penetapan harga yang agresif dan permintaan yang besar dari segmen kelas menengah ke bawah dan tier 2. Selain itu, brand juga sangat kuat di segmen offline.
Sementara Samsung yang sebelumnya menguasai pangsa pasar di Indonesia pada kuartal kedua tahun lalu. kini mengalami penurunan. Sedangkan Oppo dengan strategi agresif dengan produk Seri A merangsek mendekati posisi Vivo.
STEVY WIDIA
Discussion about this post