Sonic Si Landak Biru Kembali Lagi

Sega Sammy Holdings Inc. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Sega Sammy Holdings Inc menggandeng para pembuat program, seniman dan penggemar Sonic the Hedgehog si landak biru untuk membuat game baru Sonic Mania.

Perusahaan asal Jepang itu mengajak para penggemar berat landak biru untuk membuat Sonic Mania, yang akan diluncurkan pada 15 Agustus mendatang. Game baru Sonic ini dikembangkan oleh para penggemar di luar Jepang, kembali menghidupkan game 16-bit zaman 90an.

“Seperti namanya, kami mengembangkan game ini untuk para maniak, yang dibuat oleh maniak terbesar,” kata kepala Sonic Team, yang juga produser gim lama Sonic, Takashi Iizuka, seperti dikutip Bloomberg.

Sama seperti Sonic yang keluar awal 90an, game ini juga akan memuat banyak loop, kemampuan si landak menggelinding, level istimewa dan penghitung nilai.

Materi promosi gim ini pun dibuat “se-jadul” mungkin, seperti game sebelum tahun 2000an. Sega melakukan pendekatan berbeda dengan Nintendo dalam menyikapi pembuatan materi yang secara ilegal mengambil karakter mereka. Nintendo pernah mengambil langkah hukum untuk menindak para penggemar yang menggunakan karakter mereka tanpa izin.

Tahun lalu, Nintendo mengirim surat pada Game Jolt, situs yang menyediakan game buatan pengembang independen, meminta menutup akses ke ratusan gim yang melanggar hak cipta mereka.

Meskipun ketat, Nintendo masih membuka kesempatan kerja sama untuk menggunakan karakter mereka, seperti dengan Ubisoft Entertainment SA yang membuat gim Super Mario + Rabbids. Sonic Mania awalnya dijadwalkan keluar awal tahun ini, tapi tertunda karena tim berusaha menambah banyak fitur baru.

FAHRUL ANWAR