youngster.id - Warna merupakan elemen paling penting dalam fotografi. Warna dapat menciptakan suasana hati (mood), emosi, rasa hangat atau dingin, dan masih banyak lagi. Warna juga dapat menentukan cerita dalam suatu image dan menjadikannya sebuah gambar yang memiliki dampak yang besar.
Hal ini membuat Dulux di awal tahun 2019 berkolaborasi dengan fotografer profesional berbakat, Rio Motret, untuk menampilkan warna Spiced Honey melalui foto-foto yang menawan.
Rio Motret mengatakan, Spiced Honey mungkin warna yang tampak netral namun warna tersebut mampu memberikan nuansa yang sophisticated, menyenangkan dan berani.
“Saya sangat menyukai warna ini karena dapat menciptakan warna dasar yang kuat di foto-foto saya,” kata Rio Motret kepada media di acara “Spiced Honey” sebagai Color of the Year 2019 di Jakarta Rabu (16/1/2019).
Sesungguhnya warna Spiced Honeyjuga dikenal sebagai Crème Brulee 00YY 26/20. Warna ini menjadi Color of the Year untuk tahun 2019 oleh Dulux, merek cat dinding dekoratif terkemuka dari AkzoNobel.
“Selama lebih dari 25 tahun, pemilihan warna-warna ini diawali di Pusat Estetika Global yang bertugas melakukan analisis tren, penelitian warna, desain warna, serta arah seni,” jelas Oscar Wezenbeek, Managing Director untuk AkzoNobel Decorative Paints South East & South Asia pada kesempatan yang sama.
Sesuai dengan tema tahun ini, yaitu “let the light in”, warna ini memberikan nuansa kuning (amber) yang hangat, serbaguna dan kontemporer, serta mampu melengkapi berbagai gaya hidup dan pilihan interior. Warna Spiced Honey juga mengungkapkan semangat optimisme baru yang dirasakan sepanjang penelitian kami akan tren global.
“Diperkenalkannya Spiced Honey sebagai Color of the Year merupakan tonggak penting untuk mendorong konsumen kami di seluruh dunia agar lebih percaya diri dalam memilih warna cat untuk rumah mereka,” tambahnya.
Tak cukup sampai disitu, para desainer profesional dari seluruh dunia diundang setiap tahunnya untuk datang dan mencoba menggambarkan suasana yang ada saat itu.
“Tahun lalu, banyak yang merasa gelisah atas berbagai peristiwa global yang terjadi, sehingga kebanyakan dari mereka memilih untuk menutup pintu dan berdiam diri”, lanjut Oscar.
“Sekarang kami merasa siap untuk membuka jendela dan membiarkan cahaya masuk. Penelitian tren kami menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami pembaharuan energi, optimisme, serta tujuan hidup. Kami ingin bertemu dan mengajak mereka untuk membuat kehidupan lebih baik. Spiced Honey merupakan cerminan dari keinginan tersebut sebuah warna yang dapat menenangkan atau memberikan kenyamanan, menstimulasi dan memberikan energi, tergantung dengan cahaya dan warna yang ada di sekitarnya,” sambung dia.
Menariknya, saat pemilihan Dulux Color of the Year yang kini memasuki tahun ke-16 dilakukan setiap tahunnya untuk membantu meyakinkan para konsumen dalam membuat pilihan warna dan desain melalui penyajian beragam bantuan seperti inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi. Konsumen dapat menggunakan sejumlah alat untuk menentukan pilihannya, termasuk color tester dan solusi digital inovatif seperti Visualizer.
“Di AkzoNobel, kami bangga dapat membantu para konsumen kami dalam membuat pilihan warna dengan menyajikan informasi berdasarkan tren warna terkini serta tema interior. Tim kami bekerja sepanjang tahun untuk menerjemahkan ide-ide yang kami cetuskan menjadi palet warna yang indah dan produk yang mampu memenuhi harapan konsumen kami. Dengan menggunakan alat digital AkzoNobel yang inovatif, konsumen dapat merasakan dampak warna melalui layar perangkat mereka sehingga memungkinkan mereka untuk membuat keputusan dengan penuh rasa optimis,” ungkap Oscar.
Sebagai Color of the Year, warna Spiced Honey menginspirasi empat palet warna harmonis dengan berbagai tema: netral hangat, pastel lembut, kaya akan pigmen dan palet cerah. Masing-masing tema diilhami dari beragam nuansa warna serta khasiat luar biasa yang dimiliki dari madu yang bersifat alami, abadi dan tahan lama, melindungi, meremajakan, dan menyembuhkan setiap palet warna ini juga diramalkan akan banyak muncul dalam mode pakaian, arsitektur, serta desain.
Untuk menampilkan Color of the Year 2019, Dulux menghadirkannya pada sebuah Installationgram yang dapat Anda kunjungi di area Food Society, Mal Kota Kasablanka dari tanggal 16 – 20 Januari 2019. Installationgram tersebut juga menghadirkan Dulux AmbianceTM Special Effects; Marble, Linen dan ColourMotion.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post