Spotify Luncurkan Program Khusus untuk Kreator Podcast

Spotify for Podcasters. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Spotify terus mendukung para pelaku industri kreatif. Setelah membuka jalur bagi para musisi indie untuk meluncurkan karya secara langsung di Spotify, kini hadir program Spotify for Podcasters.

Industri podcast memang cukup booming belakangan ini. Google merilis aplikasi podcast resminya di Android pada bulan Juni lalu, dan mereka juga baru saja meluncurkan program khusus buat para kreator. Maka dari itu, wajar apabila Spotify akhirnya juga ingin ikut berpartisipasi.

Program ini bertujuan untuk memperbanyak isi katalog podcast Spotify. Caranya dengan mengajak semua kreator podcast tanpa terkecuali untuk memublikasikan karyanya di Spotify. Namun bukan dengan mengunggahnya secara langsung, melainkan via sindikasi RSS feed-nya saja.

Artinya, kreator podcast bebas memilih platform hosting andalannya sendiri, seperti Anchor. Kemudian berkat sindikasi RSS feed, podcast-nya pun akan muncul di Spotify, dan dapat didengarkan langsung oleh para pelanggan layanan tersebut. Apa yang Spotify lakukan sejatinya tidak berbeda dari Apple maupun Google.

Lalu apa keuntungannya buat kreator podcast? Well, yang paling utama tentu saja adalah eksposur ke lebih dari 180 juta konsumen Spotify. Kedua, Spotify juga menjanjikan data analytics harian yang cukup lengkap; yang mencakup performa setiap episode, demografi pendengar, engagement dan metrik lainnya.

Baca juga :   Waze Gandeng Spotify Bisa Putar Lagu Dalam Perjalanan

Bagi kreator podcast yang tertarik dengan kesempatan menjaring lebih banyak pendengar dari platform Spotify, silakan langsung kunjungi situs Spotify for Podcasters.

 

STEVY WIDIA