youngster.id - Standard Chartered Bank Indonesia dan Bukalapak meluncurkan aplikasi mobile layanan perbankan digital. Aplikasi ini akan memungkinkan para penggunanya melakukan proses onboarding yang sepenuhnya digital dan tanpa verifikasi tatap muka.
“Solusi finansial baru yang kami luncurkan ini adalah inovasi layanan perbankan digital terbaru dari nexus by Standard Chartered dan Standard Chartered Bank berkolaborasi dengan Bukalapak sebagai platform yang memungkinkan untuk menjangkau pasar massal di seluruh Indonesia,” kata Victor Lesmana President BukaFinancial & Digital dalam keterangan pers, Selasa (8/6/2021).
Menurut Victor, inovasi ini akan menjadikan layanan perbankan digital pertama yang menggabungkan manfaat jangkauan platform e-commerce dan Banking-as-a-Service dari lembaga keuangan kelas dunia. Layanan ini sekaligus membuka akses layanan perbankan digital yang bisa diakses oleh siapa saja termasuk para UMKM, kalangan underbanked dan unbanked yang selama ini sulit mengakses layanan perbankan.
“Hal ini juga sebagai bagian dari upaya kami untuk menjembatani kesenjangan literasi keuangan dan membangun inklusi keuangan untuk mendukung terciptanya keadilan ekonomi bagi semua,” kata dia.
Proses KYC (Know Your Client) dari layanan bank ini nantinya akan sepenuhnya menggunakan teknologi keamanan dan otomatisasi yang canggih, serta mendayagunakan kecerdasan artifisial (artificial intelligence), pengenalan biometri wajah dan validasi E-KTP. Sehingga, membuka rekening di aplikasi ini dilakukan sepenuhnya berbasis teknologi terkini, dan menawarkan layanan perbankan yang aman bagi para nasabah di mana saja dan kapan saja.
Viktor juga mengatakan, kolaborasi ini menjadikan solusi finansial baru ini sebagai salah satu layanan perbankan digital pertama di Indonesia yang memanfaatkan ekosistem e-commerce untuk memberikan layanan perbankan yang lebih inklusif dan menyeluruh bagi setiap masyarakat, terutama untuk masyarakat di luar kota-kota besar di Indonesia, yang membutuhkan akses cepat dan mudah ke layanan perbankan.
Dana yang disetorkan ke aplikasi layanan perbankan digital baru ini akan dikelola oleh Bank sesuai dengan peraturan perbankan yang berlaku dan sejalan dengan tata kelola perusahaan yang baik.
Standard Chartered Bank Indonesia adalah Lembaga Perbankan yang telah memiliki izin usaha, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
Selayaknya produk perbankan lainnya, solusi finansial baru ini telah mendapat persetujuan dari OJK dan sedang menunggu persetujuan dari Bank Indonesia.
Solusi finansial digital baru ini, adalah perpanjangan layanan finansial yang ditawarkan di platform Bukalapak dan didukung oleh Standard Chartered Bank Indonesia. Solusi finansial ini akan tersedia di Google Play Store dan App Store untuk publik Indonesia dalam waktu dekat.
Cluster CEO Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei, Filipina) Standard Chartered Andrew Chia mengatakan posisi strategis dan pentingnya Indonesia di kawasan ini meyakinkan perseroan untuk memilih Indonesia sebagai lokasi pertama untuk meluncurkan teknologi baru nexus by Standard Chartered.
“Dengan bermitra bersama Bukalapak, kami menciptakan solusi finansial untuk memberikan pengalaman transformatif yang berfokus pada nasabah, yang membawa konsep perbankan konvensional namun diadaptasikan ke dunia digital yang serba terkoneksi, dengan tetap menjalankan sistem pengamanan Bank untuk melindungi kerahasiaan data nasabah,” ujar dia.
STEVY WIDIA