“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021” Sukses Digelar

Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021

Starbuks dan Prestasi Junior Indonesia telah merampungkan program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021 dengan sukses (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai upaya, mendukung program pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui dunia kewirausahaan, Starbucks dan Prestasi Junior Indonesia menyelenggarakan Market Day yang menandai tahap terakhir program kewirausahaan sekaligus penutup dari rangkaian Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2021.

Didukung oleh The Starbucks Foundation, program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021 ini memberikan pelatihan kepada 1.251 siswa Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) di Batam, Bandung, Denpasar, Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta yang berlangsung sejak Juli hingga November 2021.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami menyadari arti penting untuk memberikan kembali apa yang telah kami peroleh. Selama kehadiran Starbucks di Indonesia, kami selalu mendapat dukungan yang luar biasa. Oleh karenanya, kami mewujudkan rasa terima kasih kami melalui penyelenggaraan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa,” ujar Anthony McEvoy, Leader of PT Sari Coffee Indonesia dalam acara penutupan program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2021 yang disiarkan secara virtual Selasa (16/11/2021).

Dijelaskan Anthony, program Starbucks Creative Youth Entrepreneurship 2021 ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan generasi muda penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan melalui metode pembelajaran interaktif jarak jauh.

Lebih dari itu, melalui pelatihan ini, sebanyak 192 kelompok bersaing untuk menjadi 35 kelompok terpilih, dengan menawarkan ide bisnis kreatif mulai dari modifikasi snack dan dessert, produk yang menggunakan bahan daur ulang, hingga pemanfaatan teknologi. Pada Market Day hari ini, tiga grup teratas diumumkan sebagai grup dengan produk terlaris dan enam grup dari masing-masing kota dengan laporan bisnis terbaik dinobatkan sebagai pemenang.

“Selama pelatihan berlangsung, sebanyak lebih dari 200 partner (karyawan) di seluruh Indonesia terlibat untuk menjadi tenaga relawan yang mendampingi siswa SMK. Mereka mendampingi siswa SMK dengan total kontribusi hingga 1.000 jam. Apresiasi tertinggi kami berikan kepada para partner yang selalu ingin berkontribusi lebih, terlepas dari kewajiban dan pekerjaan yang harus mereka jalankan. Kami juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah mengikuti program ini, serta kelompok yang berhasil menjadi pemenang. Semoga pelatihan kewirausahaan yang diberikan oleh Prestasi Junior Indonesia dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan,” sambungnya.

Sementara itu, Nico Kiroyan, Direktur Eksekutif Prestasi Junior Indonesia, mengaku sangat bangga kepada para siswa SMK yang telah berpartisipasi dalam program ini. Mereka begitu bersemangat dan optimis untuk memulai bisnis mereka sendiri dan mereka mampu menularkan semangat wirausaha kepada setiap orang.

“Semoga rangkaian pelatihan ini dapat menginspirasi dan memberikan manfaat kepada generasi muda untuk menjadi pribadi yang kreatif dan mandiri sehingga berwirausaha dapat menjadi pilihan profesi yang mereka pertimbangkan untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Kami berharap agar dapat terus menjalin kerja sama dengan Starbucks dan bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan bangsa Indonesia,” pungkas Nico berharap.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version